Print On Demand Adalah ? Mengenal Bisnis POD dan Cara Kerjanya

Print On Demand Adalah ?

POD atau Print On Demand adalah sebuah proses dimana Anda bekerja sama dengan sebuah supplier penyedia white label produk (produk-produk polosan) dan mencetak desain yang Anda miliki untuk dijual kembali. 

Artinya dalam bisnis ini Anda menggunakan produk polosan, mencetak desain yang Anda miliki pada produk polosan dan menjualnya dengan menggunakan brand Anda. Yang membedakan antara sistem POD dengan bisnis lain adalah Anda hanya memproduksi barang saat Anda mendapatkan pesanan.

Artinya Anda tidak membayar produk, hingga produk Anda dipesan oleh konsumen Anda. Jadi inti dari bisnis dengan sistem Print On Demand adalah :

  • Anda tidak menyetok produk 
  • Modal hanya dibutuhkan saat Anda produk Anda dibeli.

Dengan 2 prinsip ini, bisnis dengan sistem POD menjadi lebih menguntungkan untuk pebisnis kecil atau yang baru memulai. 

Daftar Isi

Keuntungan Bisnis Print On Demand 

Entah Anda adalah seorang artis (Seniman), designer atau seorang pebisnis, produk fisik bisa jadi alat paling baik untuk memonetisasi hasil kreativitas Anda. salah satunya dalam produk dalam bentuk kaos. 

Membuat produk kaos memang cara yang baik untuk menjual hasil karya atau produk bisnis. Akan tetapi jika produk ini tidak sesuai dengan minat pasar, produk ini hanya akan bertumpuk di rumah Anda dan menyebabkan kerugian.

Hal inilah yang membuat lebih banyak pebisnis mulai menerapkan sistem penjualan Print on Demand. Nah, untuk tahu lebih dalam mengenai sistem ini, simak ulasan lebih lanjut !

Kapan Sistem Bisnis POD Paling Tepat Dilakukan?

Sistem bisnis POD ini paling tepat dilakukan oleh mereka yang baru memulai bisnis atau memiliki modal yang minim. Akan tetapi selain untuk Anda yang baru membuka bisnis, ada beberapa kondisi yang membuat sistem POD lebih menguntungkan untuk bisnis Anda. Beberapa kondisi ini antara lain adalah :

1. Saat Mencoba Ide Bisnis Baru 

Jika Anda sudah memiliki sebuah bisnis dan ingin mencoba mengeluarkan produk baru. Misalnya Anda punya bisnis kaos dan ingin membuat hoodie, sistem POD bisa membantu. Menggunakan sistem POD untuk mencoba ide bisnis baru. Cara ini bisa digunakan untuk melihat bagaimana reaksi dari konsumen mengenai produk baru Anda.

2. Membuat Bisnis Custom Kaos Lebih Simple

Memproduksi kaos dalam jumlah yang besar membutuhkan banyak usaha. Mulai dari modal yang lebih besar, konveksi yang mumpuni dan hal lain yang mungkin akan membuat bisnis menjadi memusingkan. 

Apalagi dengan risiko merugi yang meneror Anda para pebisnis baru. Akan tetapi jika Anda menggunakan sistem POD ini, memulai bisnis kaos custom bisa menjadi lebih mudah Anda bebas risiko.

3. Membuat Desain Kaos Baru 

Jika Anda memiliki desain baru untuk produk Anda, sistem pemesanan POD juga akan membantu memudahkan pekerjaan Anda. Dengan menggunakan sistem desain kaos yang baru ini, Anda bisa cek apakah produk ini memiliki peluang penjualan yang baik atau tidak.

Cara Kerja Sistem Print On Demand

Dalam proses bisnis ini, Anda hanya membutuhkan banyak usaha. Tugas Anda adalah membuat desain kaos menarik dan memiliki nilai di pasar. Hal ini membuat bisnis Anda bisa dilakukan seorang diri saja jika Anda adalah orang yang kreatif. 

Selanjutnya Anda hanya perlu menempelkan desain yang sudah dibuat pada mockup kaos dari supplier tempat Anda bekerja sama. Jika ada konsumen yang memesan kaos Anda, Anda hanya perlu mengirim desain kaos yang Anda buat pada supplier. 

Supplier kemudian akan memproses pesanan Anda, yaitu melakukan pencetakan kaos mereka dengan desain Anda, melakukan packing Anda juga mengirimkan kaos mereka pada konsumen yang Anda miliki. Tentunya dengan merek bisnis Anda. 

Dalam sistem bisnis ini Anda hanya akan melakukan kegiatan kreatif dan juga melakukan pemasaran untuk desain Anda pribadi. Besar kecilnya keuntungan yang akan Anda dapatkan tergantung dengan banyaknya jumlah pesanan dan margin yang Anda tetapkan.

Kelebihan Sistem POD Untuk Berbisnis 

Ada banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memulai bisnis dengan menggunakan sistem POD ini. Beberapa keuntungan ini antara lain adalah :

1. Pembuatan Produk Lebih Cepat 

Salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan saat akan membuat produk dengan menggunakan sistem POD adalah mengenai pembuatan produk yang lebih cepat. Pembuatan produk dengan menggunakan sistem POD ini lebih mudah dan lebih cepat karena produk polosan hanya perlu dicetak dan bisa langsung dikirimkan. 

2. Mengurangi Resiko Kerugian 

Ketika Anda membuat produk dengan sistem POD, Anda hanya akan mengeluarkan uang saat produk Anda dibeli oleh konsumen Anda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika Anda memiliki stok produk dan produk tidak menarik bagi konsumen, Anda akan merugi. Dengan memproduksi produk setelah mendapatkan pembayaran dari konsumen, kerugian dapat diminimalisir. 

3. Tidak Banyak Investasi 

Bagi Anda seorang artis yang tidak memiliki pengalaman bisnis menjual produk, sistem POD ini menguntungkan karena Anda tidak perlu banyak berinvestasi. Anda hanya perlu memproduksi desain kaos tanpa modal uang dan bisa tetap mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda. 

4. Proses Bisnis Lebih Mudah Bebas Ribet

Bagi Anda insan kreatif yang tidak memiliki pengalaman produksi kaos, Print On Demand Adalah solusi terbaik untuk Anda. Pasalnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semua proses bisnis Anda akan di-handle oleh pihak supplier yang akan Anda gunakan. Hal ini membuat siapa pun bisa menjual desain produk yang mereka miliki dengan mudah, tanpa modal dan ribet. 

Kekurangan Dari Proses Bisnis Print On Demand

Selain memiliki banyak kelebihan, proses bisnis POD ini juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan bisnis POD ini antara lain adalah :

1. Margin Terbatas 

Ketika Anda menggunakan sistem ini, margin yang Anda dapatkan bisa sangat terbatas. Pasalnya, dalam bisnis POD artinya Anda menggunakan jasa produksi orang lain sehingga harga dasar produk sangat ditentukan oleh jasa yang akan Anda gunakan. 

Anda sesungguhnya tetap bisa menentukan margin sesuai dengan kebutuhan Anda, akan tetapi perhatikan apakah harga produk Anda bisa bersaing dengan pebisnis lain yang menawarkan kualitas produk yang sama atau tidak. Hal inilah yang membuat margin keuntungan menjadi terbatas. 

2. Tidak Bisa Mengatur Pengiriman 

Ada jasa yang memiliki kemampuan pengiriman yang baik dan ada juga yang molor-molor. Sayangnya karena masalah shipping sudah masuk dalam layanan POD, masalah keterlambatan pengiriman ini tidak bisa Anda kontrol. Hal ini mungkin akan berpengaruh pada kinerja toko Anda.

Kekurangan menggunakan sistem produksi kaos POD bisa Anda minimalisir dengan memilih jasa yang baik dan berkualitas. Jasa yang profesional akan mengutamakan Anda dalam pelayanannya sehingga masalah harga dan pengiriman akan lebih dimaksimalkan. Jadi memilih jasa partner Print On Demand Adalah hal yang sangat penting agar Anda bisa sukses dalam bisnis dengan sistem POD ini.

Jika Anda berminat untuk memulai bisnis Print On Demand tapi bingung bagaimana caranya mendapatkan supplier terpercaya ? Penulis Merekomendasikan Anda untuk join dropshipaja.com

Di dropshipaja.com tersedia berbagai pilihan produk custom yang bisa Anda desain sesuka hati mulai dari Kaos, Sweater, Casing HP, Topi dan masih banyak lagi produk lainnya.

Selain banyaknya pilihan produk, pelayanannya juga sangat baik. Jika ada keluhan Anda bisa berkonsultasi dengan Customer Service yang selalu online.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments