Apa Pentingnya Sikap Kejujuran dalam Berwirausaha ?

Di dunia berbisnis ada istilah etika bisnis. Nah, istilah ini merupakan batasan-batasan yang boleh dan tidak dilakukan dalam berbisnis. Salah satu etika bisnis yang paling penting adalah kejujuran. Etika satu ini sangatlah penting dan harus dimiliki oleh para pebisnis. Lantas, apa pentingnya sikap kejujuran dalam berwirausaha

Kejujuran merupakan suatu hal yang digunakan untuk menciptakan kepercayaan. Apabila Anda tidak mau jujur, masihkah ada pihak-pihak yang akan mempercayai Anda ? Tentu saja tidak, sehingga hal ini harus diperhatikan dengan baik oleh para pebisnis. 

Daftar Isi

Pentingnya Sikap Kejujuran dalam Berwirausaha

Pentingnya Sikap Kejujuran dalam Berwirausaha

Jika Anda bertanya, apa pentingnya sikap kejujuran dalam berwirausaha, maka jawaban singkatnya adalah sangat penting. Selain itu, terdapat alasan-alasan mengapa sikap ini begitu penting di dalam dunia bisnis. Berikut ini ulasannya :

1. Tidak Ada yang Mau Dibohongi

Siapa yang mau dibohongi ? Orang bodoh pun tidak mau dibohongi, baik itu bertujuan untuk kebaikan ataupun sebaliknya. Lebih baik jujur walaupun menyakitkan, bukan ? Logika sederhana ini menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus menanamkan sikap kejujuran dalam berwirausaha. 

Semua orang, mulai dari rekan kerja, karyawan, pelanggan, dan siapapun yang memiliki hubungan kerjasama dalam bisnis dengan Anda sudah pasti tidak mau dibohongi. Sebab, mereka semua berharap dan menginginkan Anda untuk jujur dalam menjalankan bisnis. 

2. Menjaga Nama Baik

Anda tidak boleh berkompromi terkait pentingnya sikap jujur dalam berwirausaha, sebab sekali saja kebohongan Anda terungkap maka tidak akan ada orang yang mau mempercayai Anda. Bahkan orang yang belum menjadi pelanggan Anda pun ikut-ikutan tidak mau percaya. 

Hal tersebut dikarenakan di zaman sekarang ini, yakni zaman digital, semua hal baik buruk maupun baik akan tersebar dengan cepat ke semua orang. Orang yang mendapati kebohongan Anda akan menyebarluaskan apapun tentang usaha, diri Anda, serta kebohongan yang telah dibuat sehingga akan mencoreng nama baik usaha. 

Maka dari itu, jagalah sebaik mungkin nama baik Anda dengan menerapkan sikap kejujuran dalam berwirausaha. Ingat, nama baik Anda dan bisnis tidak diperoleh dengan jalan yang mudah, sehingga jangan sampai merusaknya hanya karena kebohongan saja. 

3. Kejujuran Menciptakan Kesetiaan

Pelanggan atau konsumen pasti akan melakukan transaksi lagi dan lagi apabila Anda jujur dalam menjalankan usaha. Pasalnya, konsumen tidak hanya melihat kualitas atau harga produk yang ditawarkan, tetapi juga melihat dari segi integritas. 

Pelanggan yang datang dan hendak membeli produk dari Anda, akan melihat dan memperhatikan perkataan dan tindakan Anda. Apakah yang Anda lakukan selaras dengan apa yang Anda katakan ? 

Perlu diketahui bahwa pelanggan tidak suka dengan janji-janji manis yang hanya bisa diucapkan melalui bibir saja, tetapi ternyata dipenuhi dengan tipu daya. Jadi, pastikan Anda terus berlaku jujur untuk mendapatkan kesetiaan dari pelanggan atau konsumen. 

4. Bisnis Akan Bertahan Lama

Di dunia bisnis, ada banyak sekali pengusaha yang berlaku licik dan penuh kebohongan dalam menjalankan usahanya. Hal tersebut tidak lain tidak bukan dilakukan hanya untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat, namun cara yang dilakukan jauh dari kata benar. 

Memang , kebanyakan penipu-penipu dalam dunia bisnis akan meraup keuntungan dalam sekejap mata. Namun, keuntungan yang mereka dapatkan tidak akan berlangsung lama, karena sudah pasti pelanggan yang tertipu tidak akan kembali lagi untuk melakukan transaksi. 

Jika terus dilakukan demikian, lambat laun bisnis yang dikelola dengan kebohongan akan runtuh dan sudah pasti terjadi. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan ? Kebohongan juga akan membuat bisnis sulit mendapatkan kepercayaan kembali dari pelanggan, lho.

Nah, cara jitu untuk mendapatkan keuntungan dalam berbisnis dengan jangka waktu yang lama adalah menggunakan kejujuran. Memang, menggunakan kejujuran tidak akan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat, tapi dijamin keuntungan akan terus menerus didapatkan. 

Kejujuran akan membuat bisnis Anda bertahan lebih lama,dikarenakan para pelanggan sudah percaya dengan Anda. Kepercayaan dari pelanggan inilah yang akan membuat Anda terus berjaya dalam mengembangkan bisnis.

5. Tidak Merugikan Orang Lain

Apabila Anda melakukan kebohongan dalam berbisnis, akan ada banyak pihak yang merasa dirugikan karena apa yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan yang Anda katakan. Merugikan orang lain adalah tindakan yang tidak baik, bahkan Anda bisa dituntut oleh pihak yang merugi. 

Sedangkan kejujuran tidak akan pernah merugikan orang lain, karena dari awal Anda sudah berkata sesuai dengan kenyataan dan kondisi bisnis, terutama produk yang diperjual belikan. 

Etika Bisnis Selain Kejujuran

Etika Bisnis Selain Kejujuran
Sumber Gambar : pngeans.com

Selain kejujuran, Anda juga perlu menerapkan etika bisnis lain agar perkembangan usaha Anda terus maju dan tidak mengalami kemunduran. Beberapa etika bisnis yang harus Anda terapkan adalah sebagai berikut:

1. Loyalitas

Seorang wirausahawan harus memiliki sikap loyal atau setia kepada organisasi dan orang-orang yang bekerja di bawah pimpinannya. Loyalitas ini akan berdampak baik pada usaha Anda, karena juga akan memberikan contoh kepada bawahannya untuk memiliki sikap yang sama. 

2. Adil

Etika bisnis selanjutnya adalah bersikap adil dalam semua urusan yang berkaitan dengan usaha. Dengan demikian, Anda sebagai pemilik bisnis tidak boleh bersikap seenaknya atau sewenang-wenang, baik terhadap tenaga kerja, rekan, maupun dengan pelanggan. 

3. Bijaksana

Sikap bijaksana juga merupakan bagian dari etika bisnis yang wajib dimiliki oleh wirausahawan. Dengan sikap ini, Anda tidak hanya dapat mengembangkan usaha tetapi juga bisa mensejahterakan orang lain. 

4. Mematuhi Hukum

Hukum tentu saja merupakan hal yang harus dipatuhi dan seseorang yang berwirausaha juga wajib mematuhinya. Mematuhi hukum ini tidak hanya berlaku pada aturan dan regulasi yang berkaitan dengan kegiatan bisnis, tetapi secara menyeluruh. 

Jika tidak taat hukum, pastinya Anda akan mendapatkan sanksi. Nah, ketika sanksi dilayangkan kepada Anda, secara otomatis Anda akan mencoreng nama baik diri sendiri sekaligus bisnis yang sedang digeluti. Ingat, sesuatu yang buruk akan lebih cepat menyebar daripada hal baik, sehingga melanggar hukum dapat berakibat runtuhnya istana bisnis yang telah dibangun. 

5. Menghormati Orang Lain

Dalam berbisnis, menghormati orang lain menjadi bagian dari etika yang harus diterapkan. Sikap hormat ini tak hanya dilakukan atas dasar formalitas saja, ya. Anda sebagai wirausahawan wajib menunjukkan sikap hormat pada martabat manusia, kemudian hak dan kepentingannya, otonomi serta privasi. 

Pastikan untuk tidak membeda-bedakan orang lain, baik dalam bentuk fisik, jenis kelamin, ras, maupun asal kebangsaan. 

6. Tanggung Jawab

Tanggung jawab juga merupakan salah satu etika bisnis yang perlu dipenuhi. Anda sebagai wirausahawan harus bertanggung jawab terhadap apa yang sudah menjadi tugas dan kewajiban Anda dalam menjalankan bisnis. 

Dengan kejujuran, tidak akan pernah merugikan para konsumen dan pastinya membuat hidup dan bisnis Anda jauh lebih tenang. Dengan mengetahui apa pentingnya sikap kejujuran dalam berwirausaha, maka sudah pasti Anda tidak akan menghilangkan sikap ini dalam diri Anda, bukan ? 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Terdeteksi!!!

Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Harap dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.

Terima Kasih :)

Refresh