Sebutkan Jenis Media Promosi Secara Online

Sebutkan jenis media promosi secara online – Bagi para pengusaha, tidak ada salahnya mencoba media promosi secara online sebagai salah satu strategi pemasaran. Semakin hari, semakin banyak orang yang menggunakan internet, sehingga promosi secara online memiliki peluang keuntungan lebih besar. 

Ada banyak jenis media promosi berbasis online yang efektif dan efisien untuk mengenalkan produk Anda pada publik. Ada media promosi yang gratis dan juga berbayar, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan dan tentu saja budget promosi yang disiapkan.

Daftar Isi

Daftar Media Promosi Secara Online

Sudah terbukti bahwa promosi secara online dapat meningkatkan penjualan dan memberikan keuntungan berkali-kali lipat, sehingga tidak heran mulai banyak pengusaha yang mencoba memanfaatkan media promosi berbasis online. Berikut adalah daftar medianya :

1. Facebook

FacebookSiapa yang tak kenal aplikasi sosial media lawas bertajuk Facebook ini? Pastinya Anda sudah mengenalnya dan mungkin sebagian besar dari Anda adalah penggunanya. Facebook merupakan salah satu sosial media populer yang dipilih banyak user untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan rekan maupun keluarga. 

Pengguna Facebook di seluruh dunia jumlahnya juga sangat banyak, sehingga tak heran jika sosial media ini menjadi media promosi online paling berpengaruh. Tak hanya itu saja, banyaknya pengguna yang menjadikan Facebook sebagai media promosi adalah karena kemudahan akses dan pengoperasiannya. 

Tak sedikit pula para pebisnis yang memiliki toko fisik yang memanfaatkan Facebook untuk menarik konsumen baru. Tak sedikit pula yang berhasil mendulang kesuksesan melalui sosial media berlogo F ini. Lantas, bagaimana cara melakukan promosi sukses di Facebook?

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah memastikan halaman Facebook Anda dapat menarik konsumen. Hal ini bertujuan agar akun Anda mendapatkan banyak like dari pengguna Facebook lainnya. Nah, like inilah yang harus didapatkan sebanyak-banyaknya. 

Setelah itu, kenali target pasar Anda, caranya dengan mencari akun-akun atau orang-orang yang tertarik dengan beranda FB Anda. Jika sudah, terus fokus membuat konten tentang produk atau jasa yang Anda usahakan dan buatlah semenarik mungkin.

2. Instagram

InstagramSelain Facebook, Instagram juga tidak mau kalah sebagai media promosi secara online yang menguntungkan. Hal tersebut dikarenakan pengguna Instagram sangatlah banyak, bahkan terdiri dari semua kalangan usia. 

Apalagi kini Instagram menjadi primadonanya sosial media yang bisa dijadikan lahan bisnis. Pasalnya, di Instagram Anda bisa mengunggah foto produk di laman toko yang merupakan fitur baru dari Instagram. Kemudian Anda juga bisa menambahkan informasi detail tentang produk dan juga harganya. 

Nah, untuk memaksimalkan promosi yang dilakukan di Instagram, Anda bisa menggunakan hashtag di setiap postingan Anda. Hashtag yang dimaksud bisa disesuaikan dengan usaha Anda, kemudian ditambahkan dengan hashtag-hashtag yang sedang booming atau tengah menjadi tren. 

Gunakan Instagram Anda untuk aktif berinteraksi dengan para followers yang merupakan calon pelanggan usaha Anda. Ini menjadi salah satu trik jitu untuk membuat para follower tertarik dan menaruh perhatian lebih pada usaha Anda. 

3. Twitter

TwitterMedia promosi online selanjutnya adalah aplikasi berkicau alias Twitter. Pastinya Anda hampir tidak percaya, karena bagaimana bisa sosial media yang didesain hanya bisa berbagi status dengan maksimal 160 karakter saja. 

Namun, kini sosial media berlogo burung ini menjadi salah satu media promosi online yang ampuh dalam memasarkan produk di dunia digital. Pasalnya, pengguna Twitter juga sangat banyak di seluruh dunia sehingga peluang penjualan pastinya meningkat.

Nah, cara untuk bisa mengoptimalkan Twitter sebagai media pemasaran online bisa dimulai dengan memperbanyak pengikut Anda, kemudian mengirimkan atau update tweet secara teratur, hashtag populer maupun yang relevan dengan usaha, dan ikuti tren Twitter yang ada.

4. TikTok

Tiktok

Kalau sosial media satu ini pasti Anda sudah tahu, kan? TikTok adalah sosial media yang booming dan menjadi favorit banyak orang di dunia. Banyaknya pengguna TikTok dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk-produk Anda. 

Bahkan di TikTok ada fitur shop yang bisa juga digunakan untuk membuka toko online. Sudah terbukti bahwa TikTok dapat meningkatkan omset, karena sudah banyak yang mengalaminya. Namun, untuk bisa membuat TikTok jadi lahan keuntungan bagi usaha, tentu Anda harus membuat konten video yang menarik. 

Anda juga harus berusaha agar konten-konten yang dibuat bisa masuk FYP atau berpotensi masuk ke beranda banyak orang. Jika FYP, sudah pasti akan banyak orang yang mengenal dan mengetahui produk Anda. 

5. Kaskus

KaskusKaskus juga tidak mau kalah dan menjadi salah satu daftar media promosi online yang berpengaruh pada usaha. Di Kaskus ada fitur Forum Jual Beli yang bertujuan untuk memasarkan produk-produk . Namun, perlu Anda ketahui bahwa menggunakan Kaskus sebagai media promosi tidak semudah sosial media lainnya.

Hal tersebut dikarenakan Kaskus sudah terkenal akan banyaknya penipuan bisnis online yang membuat orang-orang kapok melakukan transaksi. Meskipun begitu, bukan berarti Kaskus tidak bisa dijadikan ladang bisnis, lho, sebab tergantung bagaimana cara Anda mengelolanya.

6. Marketplace

Berjualan di marketplace bisnis onlineTak hanya sosial media saja yang mampu menjadi wadah promosi dengan hasil tinggi, marketplace juga, kok. Bahkan di marketplace sudah disediakan beraneka fitur yang memang ditujukan untuk para pemilik usaha yang ingin menjajakan dagangannya secara online. 

Jadi, dengan menggunakan media satu ini, Anda tidak perlu ribet membuat konten menarik dan yang lain-lain, karena cukup dengan upload produk di beranda saja. Namun, pastikan pelayanan Anda sangat bagus, agar pelanggan memberikan penilaian yang baik pada toko Anda. 

Nah, beberapa contoh marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk memperluas jangkauan usaha adalah sebagai beriku t:

7. Blog

BlogJika merasa tidak cocok dengan beberapa media promosi berbasis online yang telah disebutkan sebelumnya, tidak ada salahnya ada mencoba menggunakan blog. Pada dasarnya, blog memang mirip dengan website, namun pemanfaatan dari blog ini hanya sekadar untuk mendukung promosi bisnis. 

Cara memanfaatkan blog untuk persoalan promosi adalah membuat konten berupa artikel yang memuat tentang bisnis Anda, kemudian produk yang Anda jual, dan bisa juga terkait informasi terkini dari bisnis Anda. 

8. Youtube

YoutubeSalah satu website broadcast yang bisa digunakan untuk media promosi adalah Youtube. Jumlah penggunanya juga tidak main-main, sehingga cocok digunakan sebagai alat pemasaran bisnis Anda. 

Nah, langkah-langkah yang perlu Anda terapkan untuk memanfaatkan Youtube sebagai media pemasaran online adalah dengan membuat konten menarik berupa video. Anda perlu memiliki kategori bisnis yang tepat, kemudian judul yang menarik, serta mengandung keyword populer. 

Langkah-langka tersebut dapat membuat peluang video Anda muncul di halaman pertama pencarian Youtube jauh lebih besar. Jika berada di halaman pertama Youtube, sudah pasti akan banyak pula peluang video Anda dilihat pengunjung Youtube. 

Delapan media promosi secara online di atas bisa Anda jadikan tombak untuk mendulang kesuksesan dalam berbisnis. Anda bisa memilih yang sesuai dengan bisnis dan tentunya media yang mudah untuk Anda operasikan. Dari delapan daftar di atas, mana pilihan terbaik Anda?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Terdeteksi!!!

Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Harap dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.

Terima Kasih :)

Refresh