Pentingnya Kepuasan Pelanggan Dalam Sebuah Perusahaan

Sebuah bisnis yang menjalankan usaha baik dalam bentuk barang atau jasa, pasti memiliki target konsumen atau pelanggan tersendiri. Salah satu faktor yang jadi prioritas adalah pentingnya kepuasan pelanggan pada suatu produk atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan. 

Pelanggan atau konsumen merupakan unsur terpenting dalam menjalankan bisnis, oleh karena itu, prioritas terkait kepuasan pelanggan merupakan hal utama untuk perusahaan menjalankan bisnisnya. Kepuasan tersebut akan memberikan akibat yang besar pada perusahaan.

Daftar Isi

Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Ahli

Kepuasan Pelanggan Menurut Ahli

  • Menurut Lovelock dan Wirtz 

Kepuasan pelanggan menurut ahli Lovelock dan Wirtz adalah suatu sikap yang ditentukan dengan dasar pengalaman yang didapatkan. Rasa kepuasaan tersebut merupakan penilaian terkait dengan ciri atau keistimewaan produk atau jasa itu sendiri. Hal yang membuat konsumen dan kebutuhan.

Kepuasan konsumen bisa dibangun melalui kualitas layanan dan nilai produk atau jasa. Hal ini menjadi salah satu kunci pelanggan akan menghasilkan kesetiaan pada suatu produk serta memberikan nilai  pelanggan yang tinggi. 

  • Menurut Kotler dan Armstrong

Nilai pelanggan adalah perbandingan konsumen antara semua keuntungan serta biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan penawaran yang diberikan. Jumlah biaya pelanggan merupakan sekelompok biaya yang digunakan untuk menilai, menggunakan produk atau jasa. 

Pasalnya kepuasan pelanggan sangat tergantung pada persepsi dan ekspektasi pelanggan, sehingga sebagai pemilik barang dan jas perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya,  sebagai dasar untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan. 

Pentingnya Kepuasan Pelanggan untuk Perusahaan

 

Pentingnya Kepuasan Pelanggan

1. Memberikan Pendapatan

Pelanggan yang merasa puas dengan produk serta layanan sebuah perusahaan, maka dirinya akan terus menggunakan produk atau jasa tersebut. Bahkan pelanggan akan dengan suka rela mengeluarkan budget berlebih untuk suatu produk atau jasa apabila sudah menyukainya. 

Hal inilah yang menjadi salah satu pentingnya pelanggan terpuaskan, pasalnya pelanggan atau konsumen tersebut akan kembali ke produk atau jasa satu perusahaan tersebut. Sehingga hal ini dapat mendatangkan pendapatan berlebih atau tetap bagi perusahaan yang menjalankan bisnis. 

2. Memberikan Citra Baik

Selain Hal ini akan membuat kepopuleran suatu produk atau jasa meningkat karena kepuasan pelanggan utama dan disebarluaskan. n mendatangkan pendapatan bagi perusahaan, memberikan citra baik pada suatu produk atau jasa dari konsumen satu ke konsumen lainnya

Citra baik ini sangat penting bagi perusahaan, pasalnya hal tersebut merupakan wajah perusahaan yang akan dikenal masyarakat. Apabila produk atau jasa tak bisa memuaskan pelanggan atau konsumen, maka citra produk atau jasa usaha kamu akan jelek dan memiliki daya tawar rendah. 

3. Menjadi Titik Diferensiasi 

Berbagai lini bisnis kini makin marak seiring dengan berkembangnya zaman, sehingga muncul berbagai perusahaan yang menawarkan produk atau jasa yang serupa. Hal ini nantinya akan mempengaruhi keadaaan pasar yang semakin kompetitif karena harus bersaing. 

Meski memiliki produk atau jasa yang serupa, lini bisnis yang dibangun ada baiknya memiliki perbedaan utama dan menjadi ciri khas serta keunggulan perusahaan. Poin ini menjadi hal penting, karena perusahaan akan bersaing sangat kompetitif dalam mempertahankan bisnisnya. 

4. Meningkatkan Rasa Suka 

Kepuasan pelanggan merupakan hal utama dengan rasa suka pada produk atau jasa yang diberikan. Apabila pelanggan menyukai produk dan jasa maka pelanggan kemungkinan besar akan membeli produk tersebut. Hal ini akan berhubungan dengan citra baik perusahaan dari pelanggan.  

Rasa suka tersebut akan menimbulkan loyalitas rasa suka untuk kembali membeli produk dan jasa tersebut. Pelanggan akan bisa merekomendasikan produk atau jasa perusahaan pada orang lain tanpa perusahaan harus membuat promosi dan iklan. 

5. Indikator Utama Perusahaan

Kepuasan pelanggan merupakan indikator utama perusahaan untuk mengetahui seberapa rasa suka pelanggan atau konsumen terhadap produk atau jasa tersebut. Seberapa besar kemungkinan pelanggan akan melakukan pembelian di masa depan atau berulang. 

Umumnya sebuah perusahaan akan mengadakan survei terhadap produk atau jasa mereka ke pelanggan dan konsumen terkait kepuasannya. Cara ini bisa menjadi indikator rasa suka pelanggan dan menjadi masukan yang berguna untuk perusahaan sebagai pengembangan produk. 

6. Pengembangan Produk

Setelah mendapatkan survey pelanggan terhadap kepuasan produk atau jasa, maka sebuah perusahaan dapat memiliki saran dan kritik terhadap produk dan jasa tersebut. Saran dan kritik ini dapat digunakan perusahaan tersebut untuk mengembangkan produk atau jasanya. 

Tujuan utama perusahaan adalah memberikan kepuasan dan dasarnya adalah keinginan dan hal-hal yang dibutuhkan konsumen. Sehingga dari pendapat yang dikemukakan konsumen dan pelanggan ini dapat menjadi dalam satu tolak ukur perusahaan untuk mengembangkan produk. 

7. Menaikkan Pendapatan 

Sebuah studi mengemukakan bahwa pelanggan yang benar-benar puasa dapat menyumbangkan pendapatan lebih dari 2,6 kali lebih banyak dibandingkan dengan pelanggan yang kurang puas dengan produk dan jasa sebuah perusahaan. 

Selain itu, pelanggan yang benar-benar puas akan memberikan kontribusinya dengan memberikan pendapatan 14 kali lebih banyak daripada pelanggan yang tak puas. Hal inilah pentingnya kepuasaan pelanggan terhadap suatu produk dan jasa. 

8. Membuat Produk Mudah Didapatkan

Pentingnya produk atau jasa yang berkualitas mempengaruhi kepuasan pelanggan. Tak hanya kualitas, ketersediaan yang mumpuni  juga menjadi hal utama yang harus diperhatikan perusahaan, agar faktor kepuasan pelanggan dapat dijaga secara terus-menerus. 

Ketersediaan yang sesuai dengan permintaan konsumen dan pelanggan merupakan poin penting konsumen. Dengan begitu, pelanggan atau konsumen dapat selalu mengingat suatu produk karena stok ketersediaannya selalu memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggannya. 

9. Menerima Kritik dan Saran

Survei pelanggan terhadap suatu barang dan jasa akan diikuti dengan adanya kritik dan saran. Di sinilah peran penting perusahaan untuk dapat lebih mengerti keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap barang atau jasa tersebut. Kritik juga bisa menjadi nilai bagi perusahaan itu sendiri. 

Sedangkan saran, hal ini berhubungan dengan pengembangan produk nantinya yang dapat memuaskan pelanggan. Dari saran perusahaan dapat mengetahui kebutuhan lebih para pelanggannya dan digunakan untuk bahan pengembangan produk lama maupun baru. 

10. Memberikan Pelayanan dan Fasilitas Tambahan

Pelayanan dan fasilitas lebih yang didapatkan pelanggan mampu memberikan kepuasan pelanggan atau konsumen meningkat. Kegiatan ini akan memberikan perusahaan menjadi lebih dekat dengan pelanggannya untuk mengetahui bagaimana pelayanan dan fasilitas yang baik dan dibutuhkan. 

Perusahaan juga dapat memberikan sistem membership terbaru untuk menjaga pelanggan lama dan tetap dengan berbagai macam promo anggota dan fasilitas yang akan didapatkan. Hal ini akan membuat kepuasan pelanggan meningkat dan terkait dengan loyalitas pelanggan pada produk.

Memahami pentingnya kepuasan pelanggan dan beberapa penuturan para ahli, kini dapat diketahui poin-poin utama yang perlu perusahaan ketahui sebagai pemasok barang atau jasa. Perusahaan juga lebih memahami bagaimana caranya menambah pendapatan dan menjaga loyalitas pelanggan. 

Dengan memahami poin pentingnya, kini perusahaan dapat bertahan melalui persaingan produk dan jasa yang mereka buat untuk tetap menarik pelanggannya. Sehingga penting bagi perusahaan untuk benar-benar memahami dinamika konsumennya dan tidak salah langkah kedepannya.

Sumber : linovhr.com

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments