Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Online

Dewasa ini, bisnis online semakin berkembang dan menjadi hal yang sangat menguntungkan dibandingkan bekerja di perkantoran atau sebagainya. Namun, ternyata masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai apa yang dimaksud dengan bisnis online itu sendiri.

Bagi Anda yang juga masih bingung mengenai bisnis online, di bawah ini akan kita bahas secara lengkap. Simak selengkapnya di bawah ini:

Daftar Isi

Pengertian Tentang Bisnis Online

Apa yang dimaksud dengan bisnis online itu ? Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online yaitu memanfaatkan internet dan berbagai jenis alat digital seperti komputer, HP, tablet, dan lain sebagainya.

Bisnis online umumnya dapat dilakukan di rumah atau di mana saja Anda berada. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang memilih bisnis ini karena menjanjikan, tak perlu berangkat pagi pulang sore ke kantor, uang sudah mengalir sendiri.

Kendati demikian, bisnis online tidaklah mudah. Apalagi zaman sekarang hampir semua perusahaan sudah menggunakan sistem online ini untuk melakukan pemasaran produk maupun jasa. Persaingan bisnis online semakin meningkat.

Namun, jika melihat peluangnya memang sangat besar. Target pasarnya bisa lebih besar karena produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa dibeli oleh siapa saja dan di mana saja. Baik secara nasional bahkan hingga internasional.

Contoh Bisnis Online

Untuk lebih memahami mengenai bisnis online ini, ada baiknya jika Anda melihat beberapa contoh bisnis online di bawah ini. Selain membuat Anda paham mengenai bisnis ini, bisa jadi contoh di bawah menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin membuka bisnis online sendiri. Simak contohnya di sini :

1. Jasa Tulis Artikel

jasa tulis artikel bisnis online

Bisnis online pertama yang banyak dipilih oleh masyarakat adalah jasa tulis artikel. Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, bisnis online yang satu ini bisa jadi peluang yang sangat besar.

Banyak sekali website perusahaan maupun Blog pribadi yang ingin menang di mesin pencarian Google dan mendapatkan trafik yang tinggi sehingga memerlukan artikel yang banyak dan dapat terdeteksi.

Untuk itu, jasa tulis artikel saat ini banyak dicari oleh masyarakat. Untuk mencari penulis pun Anda tak perlu membuat berbagai cara rekrutmen yang ketat sehingga modalnya tak terlalu besar.

Anda pun juga dapat ikut Andil dalam pengurangan jumlah pengangguran di Indonesia karena banyak orang dengan bakat menulis mendapatkan penghasilan di rumah.

2. Berjualan Melalui Marketplace

Berjualan di marketplace bisnis online

Contoh yang berikutnya adalah berjualan produk maupun jasa melalui marketplace. Marketplace sendiri di Indonesia ada banyak, misalnya melalui website, media sosial, atau platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, BukalapakLazada, Blibli dll.

Melalui marketplace para pebisnis dapat mengembangkan bisnisnya lebih cepat dan tentunya juga menjadi lebih mudah.

Misalnya saja, Anda memilih menggunakan media sosial. Media sosial bisa menjadi katalog gratis yang bisa diakses oleh masyarakat Indonesia di mana saja dan kapan saja.

Anda pun juga bisa menggunakan website maupun platform e-commerce untuk melakukan jual beli karena di sana ada pihak yang bertanggungjawab atas transaksi sehingga lebih aman dan nyaman.

 3. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis Bisnis Online

Contoh ketiga adalah jasa desain grafis. Semakin berkembangnya dunia digital, kini jasa desain grafis pun juga banyak diminati oleh masyarakat.

Semakin meleknya masyarakat dengan berbagai karya seni digital membuat banyak perusahaan maupun perorangan yang membutuhkan jasa ini untuk membuat grafis. Tidak banyak orang yang memiliki keahlian di bidang desain grafis bahkan cukup langka di Indonesia.

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang desain grafis, Anda bisa membuka jasa desain grafis ini untuk menerima pesanan dari berbagai perusahaan misalnya pembuatan logo, pembuatan desain poster, brosur dan lain sebagainya. Anda bisa bisnis mandiri maupun mengajak teman desain grafis lainnya untuk membuka bisnis ini.

4. Jasa Admin Media Sosial

Admin Sosial Media Bisnis Online

Bisnis online juga tak selalu menghasilkan produk saja. Bisnis online juga bisa dilakukan dengan bekerja sebagai Admin media sosial. Ya, untuk beberapa perusahaan yang besar, dalam membangun komunikasinya dengan pelanggan.

Namun, nyatanya mengelola media sosial tidaklah mudah untuk perusahaan yang besar. Oleh karena itu, mereka memerlukan tenaga kerja berupa Admin media sosial.

Tak perlu keahlian khusus, bahan yang diperlukan hanyalah koneksi internet dan juga gadget.

 Bahkan format jawaban untuk pertanyaan pelanggan pun sudah disediakan. Admin ini hanya bertugas untuk menjawab pertanyaan pelanggan, melakukan publishing konten, melakukan penjadwalan pengunggahan konten dan semua hal yang berkaitan dengan media sosial itu sendiri.

5. Berjualan Produk Digital

Berjualan produk digital

Contoh bisnis online yang lainnya adalah berjualan produk digital. Produk digital ini contohnya seperti pulsa HP, token pulsa listrik, kuota data, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkannya biasanya pebisnis produk digital ini berkolaborasi dengan penyedia layanan tersebut. Bahkan kini banyak perusahaan penyedia layanan ini yang membuat aplikasi sehingga untuk pemesanannya menjadi lebih mudah dan cepat.

Produk digital sangat banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi kini semua hal sudah menggunakan produk digital. Misalnya untuk mengakses internet maka Anda harus membeli pulsa atau kuota data langsung.

Untuk listrik zaman sekarang sudah menggunakan yang pra bayar menggunakan pulsa. Untuk pembayarannya sendiri juga bisa dilakukan dengan transfer menggunakan mobile banking.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai bisnis online. Kini Anda telah mengetahui apa yang dimaksud dengan bisnis online baik dengan pengertiannya maupun dengan contohnya agar mudah dipahami. Semoga informasi di atas dapat dipahami dengan baik dan bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments