Cara Memulai Jualan Di Shopee Untuk Pemula

Shopee memang pasar baru. Namun meski usianya jauh lebih muda dari yang lain seperti Bukalapak dan Tokopedia, Shopee terbukti semakin populer. Platform ini bisa dikatakan lebih populer daripada marketplace lain, tak heran jika banyak penjual online yang menjual produknya di Shopee.

Saat ini berjualan online semakin diminati publik, baik melalui media sosial maupun melalui e-commerce seperti Shopee. Karena penjual akan lebih mudah membangun toko, serta dapat menjangkau konsumen lebih banyak. Namun mungkin bagi para pemula yang berjualan online, proses buka toko dan berjualan online terasa membingungkan. Jangan khawatir, dibawah ini kami akan jelaskan tentang Cara Jualan di Shopee bagi Pemula.

Ini merupakan peluang besar untuk anda berbisnis, tidakkah anda ingin mencoba berjualan online di Shopee ?. Jangan abaikan kesempatan emas dari Shopee ini. Untuk yang belum menjadi penjual di Shopee karena belum paham cara berjualan di marketplace ini atau untuk kamu yang masih pemula bisa belajar cara berjualan online di platform Shopee secara lengkap di artikel ini.

Daftar Isi

Sebenarnya cara berjualan online di Shopee sangat mudah, bahkan pemula pun bisa dengan mudah mengikutinya. Prosesnya sebenarnya hampir sama dengan toko online lain, seperti Bukalapak dan Tokopedia. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Registrasi Akun Shopee

Daftar akun shopee

Sebelum anda membuat toko online di Shopee, terlebih dahulu anda perlu membuat akun. Proses cukup sederhana, untuk membuat akun di Shopee, anda harus memiliki alamat email dan nomor ponsel yang aktif. 2 hal ini akan selalu anda butuhkan, terutama saat ingin berjualan barang secara online.

2. Buka toko

Buka Toko Shopee

Setelah anda mempunyai akun, anda sudah bisa memulai membuka toko dengan menggunakan menu khusus yang ada di akun anda. Anda juga perlu mengisi beberapa informasi tentang toko online anda, mulai dari nama toko dan keterangan singkat toko online anda. Selain itu, anda juga disarankan untuk mengunggah foto profil toko online anda.

3. Upload Produk

Upload produk shopee

Setelah berhasil membuat toko online, anda dapat mulai mengupload beberapa foto produk yang ingin anda jual di Shopee. Ketika hendak mengunggah foto produk, anda dapat memanfaatkan fitur unggah masal. Fitur ini merupakan fitur yang memudahkan anda dalam mengupload beberapa foto produk sekaligus.

4. Promosikan Produk

Promosikan produk shopee

Setelah anda mengupload foto produk, mengisi deskripsi produk, menentukan harga jual produk, kemudian anda bisa mulai mempromosikan produk anda. Shopee memberikan kesempatan kepada setiap penjual untuk mempromosikan 5 produk sekaligus dalam waktu 4 jam.

5. Aktifkan Layanan Gratis Ongkir

Gratis Ongkir Shopee

Salah satu strategi berjualan online di Shopee yang sangat efektif mendatangkan pembeli pertama adalah fitur pengiriman gratis. Pasalnya, dengan fitur free ongkir ini, konsumen tidak lagi merasa terbebani saat berbelanja online.

Menariknya, fitur pengiriman gratis di Shopee hanya bisa di dapatkan pembeli dengan syarat minimal pembelian. Jadi selain menguntungkan konsumen, anda sebagai penjual juga diuntungkan karena omzet penjualan akan meningkat dengan adanya fitur free shipping.

Bagaimana Cara Jualan di Shopee Pemula ?

Gratis ongkos kirim adalah program spesial baru yang dimiliki oleh Shopee. Sebenarnya masih banyak program khusus dari Shopee yang bisa membantu meningkatkan omset penjual. Salah satu program spesial yang wajib segera anda ikuti adalah flash sale. Program khusus ini tidak dapat diikuti oleh semua toko online.

Namun jika anda dapat mengikuti program tersebut kemungkinan besar anda akan lebih cepat menemukan pelanggan pertama. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana mengikuti program flash sale di Shopee, anda bisa membaca selengkapnya di artikel yang berjudul Shopee’s Flash Sale, program khusus untuk meningkatkan omset penjualan penjual.

1. Kembangkan Produk

Salah satu penyebab seller baru di Shopee kesulitan mendapatkan pelanggan pertama adalah karena jumlah produk yang dijual masih sangat sedikit. Jika hanya ada 2 jenis produk yang anda jual, peluang mendapatkan pembeli jelas sangat kecil. Semakin banyak jenis barang yang anda jual, semakin cepat anda menemukan pelanggan pertama.

2. Tingkatkan Jumlah Followers

Shopee memiliki fitur follower seperti Instagram. Banyaknya pengikut toko online di Shopee juga sangat mempengaruhi jumlah pelanggan anda. Mengapa? Karena setiap follower toko online kamu akan mendapatkan notifikasi setiap kamu mengupload produk baru.

Oleh karena itu, salah satu strategi berjualan online di Shopee yang cukup efektif untuk pemula adalah dengan meningkatkan jumlah pengikut toko online tersebut. Lalu bagaimana cara meningkatkan jumlah pengikut toko online anda? Caranya cukup sederhana. anda hanya perlu mengikuti akun toko online lain di Shopee.

3. Jual Produk yang Familiar

Cara berjualan online di Shopee yang juga sangat efektif untuk mendapatkan pelanggan pertama adalah dengan memilih produk yang banyak dicari pembeli. Dengan menjual produk yang banyak peminatnya, anda harus bersaing dengan penjual lainnya. Namun jika harga yang anda tawarkan cukup murah, kemungkinan besar anda bisa memenangkan persaingan dan juga langsung mendapatkan pembeli pertama.

Apabila anda telah sukses memperoleh pembeli pertama dan barang sudah banyak terjual, jangan lupa untuk segera menerapkan metode yang jauh lebih efektif. Cara yang lebih efektif untuk berjualan online di Shopee adalah dengan menjadi Star Seller. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang Star Seller, anda bisa membaca selengkapnya di artikel kami selanjutnya.

4. Mulai Jualan

Saat ini toko anda sudah siap untuk melakukan transaksi, untuk mulai menjual, klik ikon kotak di samping nama akun anda dan pilih menu Produk Saya. Untuk menambah produk, klik opsi Add New Product. Tulis nama produk dan pilih kategori yang sesuai untuk produk obral, misalnya Pakaian Wanita> Atasan> Kemeja dan klik Lanjutkan.

5. Masukkan Detail Produk

Berikan informasi yang detail terkait produk dalam formulir, seperti deskripsi, merek, asal produk, bahan dan gaya. Lalu isi informasi penjualan, seperti harga dan jumlah stok produk. Unggah foto terbaik untuk memamerkan produk penjualan anda. Shopee memungkinkan anda mengunggah hingga sembilan foto. Kemudian masukkan detail untuk pengiriman termasuk berat produk dalam gram, ukuran paket dan ongkos kirim.

6. Toko Siap Jual

Setelah semuanya terisi, klik Save and Show. Ulangi langkah-langkah memasukkan produk hingga semua produk penjualan di unggah di Shopee. Sekarang produk yang anda jual dapat di cari dan di lihat oleh semua pengguna Shopee.

Jika anda bisa menerapkan semua cara berjualan yang sudah di bahas di artikel ini, sebenarnya anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pelanggan pertama di Shopee. Lalu kapan anda akan mulai mencoba mempraktikkan berbagai metode yang sudah dibahas di artikel ini?. Sekian ulasan tentang Cara Memulai Jualan di Shopee bagi Pemula, semoga bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments