Apa Yang Dimaksud Dengan Headline ? Simak Ulasan Lengkapnya Disini!

Headline adalah sebuah judul yang dicetak besar dengan huruf tebal yang menarik orang untuk mengetahui lebih dalam tentang suatu hal. Biasanya terdapat di majalah, buku, novel, dan media elektronik. Apa yang dimaksud dengan headline dijelaskan lebih lengkap disini.

Melihat sekilas headline di halaman depan sebuah produk, pasti membuat Anda tertarik untuk membeli padahal belum mengetahui isinya. Hal ini adalah salah satu sihir dari sebuah headline. Ingin tahu lebih lengkap ? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk !

Daftar Isi

Apa Yang Dimaksud Dengan Headline ?

 

Apa yang Dimaksud dengan Headline

Headline sangat erat dengan dunia internet marketing dan berbagai produk yang berhubungan dengan buku. Biasanya headline terdapat di media cetak dan digital yang masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. 

Adapun pengertian headline adalah bagian terpenting dalam sebuah konten, iklan, dan lain sebagainya untuk menarik pembaca. Biasanya adanya headline mampu menyihir seseorang untuk membeli sebuah produk karena kalimatnya yang menarik. 

Jika konsumen tertarik dengan headline yang telah dibuat, maka peluang untuk memperoleh konsumen lebih luas sangat besar. Dalam hal ini fungsi headline mampu menjadi strategi marketing dalam sebuah bisnis yang dapat dioptimalkan.

Headline dapat diartikan sebagai frasa atau kalimat yang diletakkan di bagian pembukaan iklan berfungsi sebagai alat untuk menarik pembaca. Headline biasanya menggunakan huruf besar dengan posisi yang menonjol, sehingga menarik perhatian.

Adanya headline mampu menyentuh dan memainkan rasa ingin tahu seseorang, sehingga tergerak untuk membeli sebuah produk. Berdasarkan penelitian, 80% pembaca headline namun hanya 20% yang membacanya hingga akhir. 

Dalam sebuah media cetak dan media elektronik pasti membutuhkan headline sebagai alternatif untuk pemasaran produk. Dalam membuat headline, diperlukan cara tertentu agar mampu menyihir konsumen.

7 Tips Membuat Headline

Jika ingin menyihir konsumen, Anda bisa menggunakan beberapa tips yang dikenal ampuh dalam membuat headline. Banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk memperoleh hasil maksimal. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Maksimal 62 Karakter

Maksimal 62 karakter

Bagi Anda yang belum tahu, karakter adalah setiap tanda baca seperti titik, koma, spasi, tanda tanya, dan setiap huruf dalam sebuah kalimat. Biasanya dalam sebuah headline yang lebih dari 62 karakter akan dipotong oleh mesin pencari.

Adanya pemotongan headline dalam hal ini dapat berdampak pada rendahnya tingkat konversi pembaca dalam jangka panjang. Sehingga tidak relevan jika digunakan untuk menyihir konsumen. 

2. Menggunakan Nomor dan Data

Menggunakan nomor dan data

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Neilpatel.com, sebuah headline yang spesifik dapat meningkatkan 73% interaksi dari pembaca. Adanya angka pada sebuah headline dapat memberikan efek kepada otak untuk penasaran dan membaca lebih cepat. 

Sebuah judul atau headline adalah 50% efektivitas dalam sebuah postingan website Anda. Tugas Anda sebagai pembuat headline adalah membuatnya menarik untuk diklik sehingga memperoleh banyak perhatian dari pembaca.

Headline yang menyertakan data spesifik mampu meningkatkan interaksi pembaca agar mau meluangkan waktu dan tertarik untuk membaca hingga akhir. Adanya sebuah huruf dalam judul berpengaruh besar pada otak sehingga mampu membaca lebih cepat dan antusias.

Tidak hanya berupa nomor, angka yang ditampilkan dalam sebuah headline biasanya ganjil karena memiliki efektivitas yang ampuh menarik khalayak. Biasanya angka ganjil mampu membuat orang lebih mudah menerima dan mengingat informasi.

Biasanya jika membuat konten, pastikan untuk membuat panduan dalam bentuk langkah demi langkah dan berjumlah minimal dari 9. Jika lebih dari itu, otak manusia akan kesulitan dalam mencerna langkah-langkah yang lebih panjang.

3. Memberikan Alasan Terkuat

Memberikan alasan terkuat

Bagi strategi pemasaran, Anda dilarang menggunakan kata-kata yang tidak dapat dipahami oleh masyarakat. Istilah baru yang mungkin asing di telinga masyarakat tidak akan menarik dan jarang sekali yang masuk di dalamnya. 

Satu hal yang menarik adalah dengan memberikan alasan kenapa pembaca harus membaca artikel Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan pembuatan headline yang tepat dengan menyertakan alasan terkuat di dalamnya. 

Dalam sebuah kosa kata, Anda perlu menggunakan beberapa kata ampuh yang biasanya menarik pembaca. Mulai dari ide, tips, trik, alasan, fakta, prinsip, strategi, dan rahasia yang menarik orang untuk masuk dan membaca.

Berbagai hal di atas merupakan sarana pembuatan headline dengan cara copywriting sehingga memudahkan dalam membujuk untuk membaca, membeli, maupun melakukan aktivitas tertentu. 

4. Menampilkan Keunggulan

Menampilkan keunggulan

Meskipun tidak panjang dan dibatasi minimal karakter penulisan, headline juga harus menampilkan keunggulan agar menarik audiens. Biasanya isi konten memiliki kesimpulan yang dapat dikemas berupa keunggulan di bagian headline. 

Adanya sebuah isi yang menarik mampu memberikan keunggulan sehingga lebih mudah diklik dan dibaca. Anda bisa membaca isi ulang konten yang dibuat kemudian memilih kesimpulan yang berupa keunggulan sehingga menarik dijadikan headline. 

Sebuah keunggulan konten yang disebutkan di bagian depan dan huruf kapital tentu mendominasi seseorang yang membacanya. Jika menampilkan keunggulan dan bermanfaat bagi orang lain, tentu akan menciptakan daya tarik tersendiri, bukan ?

5. Permainan Kata

Permainan kata

Biasanya copywriting menggunakan permainan kata kunci agar dapat menarik pembaca maupun meningkatkan daya tarik sebuah artikel. Anda dapat menggunakan kata kunci dari konten yang digunakan maupun kata-kata kuat yang menarik untuk dibaca. 

Biasanya kata yang digunakan dalam sebuah headline menggunakan kata yang mengandung “who” sehingga membuat audiens tertarik dan kemudian membaca konten yang  dibuat secara sukarela.

Penggunaan bahasa yang kuat contohnya seperti “rahasia sukses menjalankan bisnis online”, “5 cara sukses promosi pasti berhasil”, dan lain sebagainya. Kata-kata yang mengedepankan keunggulan disertai kata yang kuat pasti memberi daya tarik tersendiri.

6. Akurat

Akurat

Sebuah headline harus memperhatikan akurasi sebuah judul dan konten karena hal ini dapat menurunkan kualitas tulisan dan organisasi Anda. Hal ini akan menyebabkan kerugian audiens karena judul tidak sesuai dengan isinya. 

Meskipun headline yang bagus menarik audiens untuk mengklik konten Anda, namun jika isinya tidak sesuai akan berdampak negatif. Dalam hal ini kemampuan copywriting yang bagus harus diiringi dengan sikap jujur karena hal ini dapat meningkatkan performa Anda.

7. Sebuah Pertanyaan Provokatif

Sebuah pertanyaan provokatif

Tips membuat headline terakhir adalah memberikan pertanyaan provokatif yang dapat membuat audiens merasa terlibat. Dalam hal ini adanya headline harus sesuai dengan isi konten dan harus akurat. 

Adanya judul yang tidak sesuai dengan isi bernama clickbait yang dapat merugikan audiens. Adanya headline seperti ini membutuhkan jawaban, sehingga menarik untuk dibaca dan dipahami oleh audiens.

Biasanya jawaban yang dibutuhkan dalam sebuah headline mengandung “ya” dan “tidak”. Setiap orang pasti memikirkan dirinya sendiri, oleh karena itu posisikan diri sebagai orang yang akan memberikan solusi dengan memberi pertanyaan kepada audiens. 

Penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan headline di atas dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk meningkatkan income dengan strategi marketing, bukan ? Biasanya konten yang menggunakan sistem copywriting membutuhkan headline yang tepat. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments