Rahasia Tips dan Cara Menulis Caption di Instagram Terbaik

Siapa sih yang tidak menggunakan Instagram ? Media sosial ini kerap menjadi media sosial yang wajib dimiliki oleh netizen. Ketika mengunggah foto, Anda membutuhkan caption agar menarik. Diperlukan cara menulis caption di Instagram yang wajib diketahui. 

Selain foto, caption yang digunakan sebagai unggahan tentu menjadi hal penting karena dapat menarik followers untuk menyukai sebuah unggahan. Ingin tahu bagaimana caranya ? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk !

Daftar Isi

Cara Menulis Caption di Instagram

Cara Menulis Caption di Instagram

Menulis caption sangat mudah, hanya dengan satu kali klik saja Anda sudah bisa bebas menulis deskripsi tentang apapun yang berhubungan maupun tidak berhubungan dengan foto atau video yang diupload. Langkah pembuatan caption di instagram sebagai berikut :

  1. Klik tanda plus di tengah menu
  2. Pilih gambar yang ingin dibagikan
  3. Klik tanda panah biru di bagian kanan atas 2x
  4. Tulis caption yang diinginkan
  5. Klik centang biru di bagian kanan atas

Kenapa Harus Menggunakan Caption ?

Kenapa Harus Menggunakan Caption

Setiap foto dan video pasti memiliki momen yang mampu mengungkapkan sejuta makna dan cerita. Ketika sebuah postingan tidak sesuai dengan foto atau video, maka akan berkurang maknanya. Oleh karena itu untuk menjadikannya menarik Anda perlu membuat caption.

Adanya caption yang tepat dalam sebuah postingan pasti menarik pengikut untuk menyukai ataupun berkomentar. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam berselancar di Instagram khususnya yang memiliki berbagai macam followers.

Jika sebuah caption yang membersamai foto atau video dalam sebuah postingan tidak sesuai, maka maknanya akan berkurang dan menjadi tidak menarik. Oleh karena itu interaksi antar followers sudah pasti berkurang. 

Namun jika caption yang dibuat sesuai dengan foto atau video yang diposting, maka akan menarik perhatian pengikut dan mampu mengundang mereka agar terlibat dalam berkomentar. Sehingga mampu meningkatkan reach dan follower pada akun Instagram.

Adapun keuntungan menggunakan caption dalam hal ini memperkenalkan dan memberi informasi tambahan berhubungan dengan foto yang diposting, meningkatkan keterlibatan hingga dapat meningkatkan pamor dari foto tersebut.

Adanya caption juga mampu mengundang rasa penasaran sehingga orang lain ikut mencari tahu lebih banyak berhubungan dengan promosi, serta menjangkau pengikut baru sehingga meningkatkan juga akun Instagram Anda. 

Dalam sebuah foto atau video, pasti terdapat cerita atau makna yang bisa dibagikan kepada followers. Baik itu berupa cerita maupun kisah penuh makna sehingga menarik untuk dibagikan dan mendapat feedback dari pengikut.

Adanya caption mampu mewarnai postingan Anda dan menonjolkan karakter diri yang ingin di branding pada sebuah akun. Mulai dari sikap positif, ceria, puitis, dan lain sebagainya dapat dimunculkan dalam sebuah caption di postingan.

Tips Menulis Caption di Instagram

Sering kebingungan dalam membuat caption? Kini tidak perlu bingung karena disini tersedia tips yang akan membantu Anda dalam membuat caption terbaik. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk !

1. Menulis Sesuai Karakteristik

Menulis sesuai karakteristik

Jika memiliki Instagram, tentu Anda pasti ingin memiliki karakteristik yang ingin ditonjolkan. Dalam hal ini Anda ingin menampilkan sosok yang ceria, positif, dan lain sebagainya. Hal ini dapat ditunjukkan melalui caption dan postingan.

Setelah mengetahui karakteristik yang ingin ditampilkan, selanjutnya Anda bisa membuat personal branding. Dalam hal ini membranding diri sendiri untuk menentukan jenis kepribadian yang ingin ditampilkan dengan menentukan hal-hal yang berhubungan.

Anda bisa menuliskan caption sesuai dengan keinginan dan personal branding yang ingin ditampilkan. Dalam hal ini setiap orang memiliki sifat ceria, positif, dan lain sebagainya yang dapat ditampilkan melalui caption dalam sebuah postingan.

2. Mengetahui Audiens

Mengetahui audiens

Setelah karakter yang ingin ditampilkan sesuai, maka hal yang dapat dilakukan adalah mengetahui audiens agar dapat menentukan caption. Dalam hal ini berhubungan dengan bahasa, tema caption, dan lain sebagainya.

Setiap pertemanan dalam Instagram pasti memiliki alasan, entah karena saling mengenal atau personal branding yang dimunculkan sehingga menarik followers untuk tetap bertahan dan menyukai postingan Anda. 

Disini Anda dapat menganalisis audiens yang dapat dijadikan alternatif untuk mengetahui jenis tema yang ingin dibagikan kepada pengikut. Kebutuhan pengikut dapat menjadi sarana ide sebuah postingan yang tepat, sehingga tidak perlu bingung lagi.

3. Kalimat Pertama Yang Menarik

Kalimat pertama yang menarik

Kalimat pertama harus menarik karena dapat mendorong audiens untuk mendatangi Instagram Anda. Terdapat kalimat awal caption diikuti pilihan more/lainnya di timeline yang dimunculkan di beranda sehingga menarik untuk di klik. 

Adanya kalimat pertama yang menarik mampu meningkatkan pembaca sehingga betah berlama-lama melihat postingan yang Anda miliki. Setiap caption menarik pasti kalimat awalnya menarik pula untuk dibaca.

4. Interaktif Dengan Mengajukan Pertanyaan

Interaktif dengan mengajukan pertanyaan

Dalam membuat caption, alangkah baiknya menggunakan kalimat berupa pertanyaan karena mampu menarik pengikut untuk komen dan menyukai postingan Anda. Biasanya dalam setiap konten terdapat pertanyaan yang timbul. 

Anda bisa menambahkan pertanyaan pada bagian akhir kalimat untuk meningkatkan pengikut yang komentar ataupun menarik orang lain untuk mendaftar sebagai teman Anda.

5. Manfaatkan Call To Action

Manfaatkan call to action

Dalam sebuah caption yang menarik, Anda juga bisa menambahkan call to action untuk mendorong pengikut melakukan sesuatu yang diinginkan. Biasanya call to action telah memiliki target dan objek yang ingin diajak melakukan sesuatu. 

Tindakan yang ingin diajak diantaranya membagikan konten, membeli produk tertentu, mendorong audiens melakukan sesuatu yang diinginkan, menandai teman, mengikuti program atau quiz yang ingin diselenggarakan, dan lain sebagainya.

6. Menggunakan Emoji dan Hashtag

Menggunakan emoji dan hastag

Siapa sih yang tidak menggunakan emoji dan hastag dalam sosial media? Adanya emoji mampu menampilkan perasaan Anda saat ini, sedangkan hastag dapat menjadi alternatif untuk membawa postingan Anda ke beranda lebih luas. 

Penggunaan emoji yang sesuai dapat menarik pengikut untuk memperlihatkan personalitas diri serta membuat caption lebih hidup. Biasanya Anda dapat menggunakan emoji di bagian awal maupun di bagian akhir caption. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dari Agorapulse, sebuah postingan yang menambahkan sebuah hastag memiliki 70% suka dan 392% komen lebih banyak dari pada postingan yang tidak memiliki hastag. 

Tidak hanya itu, adanya hastag mampu memudahkan postingan Anda agar ditemukan di fitur search dan explore Instagram. Sehingga dapat memudahkan memperoleh pengikut baru dan memperluas reach.

7. Memaksimalkan Mention

Memaksimalkan mention

Ingin menggunakan strategi user generated content ? Anda dapat menggunakan mention @ yang dapat mendorong orang yang ditandai tersebut melakukan komen, like, atau membagikan postingan yang dibagikan. 

Adanya langkah ini mampu meningkatkan reach serta engagement konten yang Anda miliki. Biasanya orang yang ditandai mengapresiasi seseorang tersebut dengan menuliskan komentar atau sekedar menyukai postingan.

8. Deskripsi Yang Jelas

Deskripsi yang jelas

Sebuah postingan dalam Instagram membutuhkan deskripsi yang jelas, Anda dapat menggunakan hal ini sebagai caption. Bercerita singkat dan menyampaikan informasi yang ingin dibagikan terkait foto tersebut sangat penting sehingga lebih menarik.

Bagaimana ? Cara menulis caption di Instagram di atas sangat bervariasi, bukan ? Tentunya cara di atas dapat menjadi alternatif yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan performa dan pengikut di Instagram pula.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments