7 Hal Penting Sebelum Membuat Sales Letter

Sales Letter adalah sebuah website/halaman yang berisi tentang deskripsi dan penjelasan tentang produk yang akan kita jual menggunakan kalimat – kalimat marketing yang bertujuan untuk menawarkan produk yang kita jual. Sukses tidaknya sebuah sales letter bergantung pada apakah sales letter tersebut bisa menghasilkan konversi penjualan atau tidak. Itulah mengapa Anda harus membuat sales letter semenarik mungkin. Jadi buatlah calon customer Anda untuk membuat mereka tidak bisa menolak penawaran yang Anda lakukan. Caranya ? sebelum mengetahui cara membuat sales letter, mari kita lihat dulu 7 Hal penting dalam sebuah sales letter :

Daftar Isi

1. Loading Ringan

loading ringan dan cepat

Ini syarat yang wajib dimiliki semua website atau sales letter jika ingin meningkatkan konversi penjualan. Calon customer atau pengunjung malas membuka website yang sukar diakses atau berat saat loading. Jika loading website lebih dari 11 detik, maka pengunjung atau calon customer akan meninggalkan website Anda. Oleh karena itu Anda harus membuat sales letter dengan loading yang cepat dan ringan.

2. Gambar Menarik

Gambar menarik

Gambar – gambar yang menarik dengan kualitas gambar yang bagus sangat disenangi para pengunjung website Anda, Jadi buatlah tampilan gambar yang profesional. Tapi ingat jika website terlalu banyak gambar itu akan memberatkan website dan loading menjadi lambat dan akan membuat pengunjung meninggalkan website. Oleh karena itu sebelum upload gambar ke website sebaiknya Anda kompres dulu gambar yang akan Anda upload sehingga ukuran gambar akan lebih kecil dan tidak membebani website.

3. Buat Penawaran Menarik

promo menarik

Penawaran yang menarik menjadi ujung tombak untuk mengkonversi penjualan Anda. Maka dari itu buatlah penawaran yang menarik dan menguntungkan untuk calon customer Anda.

4. Memuat Penjelasan Produk Secara Detail

Deskripsi produk

Sangat penting menjelaskan secara detail, buatlah sales letter yang menjlaskanlah produk yang Anda jual dari A sampai Z tentang produk yang Anda tawarkan. Mulai dari Benefit yang akan dirasakan, How To Use, Garansi, Bonus dan lain sebagainya.

5. Menampilkan Testimonial

Testimoni customer
sumber : darikulit.com
 

“Memberi Bukti Bukan Janji” apakah Anda pernah mendengar tagline itu ? tagline tersebut digunakan oleh sebuah brand kosmetik ternama. Kenapa menggunakan tagline tersebut ? karena Bukti dan bukan hanya sekedar janji itu jauh lebih ampuh dibandingkan dengan penawaran apapun, karena dengan testimonial yang memuat masalah dan solusi akan menambah citra produk yang Anda jual terangkat. Sebagian pelanggan lebih senang dengan memperhatikan pengalaman dari customer lain yang telah merasakan manfaat produk Anda.

6. Cara Order dan Pembayaran Yang Mudah

Pembayaran yang mudah

Pastikan untuk cara order dan pembayaran dapat dilakukan dengan mudah, jika perlu buatlah form order. Cara order yang rumit malah bisa membuat calon customer Anda ingin membatalkan transaksi.

7. Buat Profile Anda Yang Menarik

Profile menarik

Selain membuat sales letter yang menarik, Anda juga harus membuat Foto Profile yang menarik. Dengan memberikan alamat yang jelas dan bagaimana cara customer menghubungi Anda via whatsapp Instagram, email, dll. Semuanya harus asli. Sehingga para pengunjung yakin terhadap website dan penawaran yang Anda lakukan.

Lalu, Bagaimana caranya agar pengunjung sulit menolak penawaran yang Anda lakukan ?
Anda bisa menggunakan beberapa Teknik berikut ini :

  • Urgency

    Menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan calon customer solusi dari permasalahan yang dia hadapi sehingga dia akan membelinya.

 

  • Scarcity

    Membuat penawaran yang terbatas seperti barang langka, persediaan terbatas dalam waktu terbatas dan akan segera habis/sold out.
 
  • Testimonial

    Sebelum berbelanja Online, hal yang paling pertama orang lain lakukan termasuk saya sendiri adalah melihat testimoni baik di ShopeeTokopediaBukalapakLazadaInstagram dll. Karena dengan melihat testimoni kita bisa melihat apakah toko atau produk yang dijual ini bagus atau tidak. Hal ini juga penting untuk toko online kita. Meminta orang untuk memberikan testimoni atau pendapat tentang produk yang Anda tawarkan. Hal ini dilakukan agar produk yang kita tawarkan mendapatkan social proof atau pembuktian bahwa produk kita layak dan harus dibeli. Walau produk yang kita jual baru, tapi ada cara bagaimana cara mendapatkan testimoni yang sah dan autentik dari seorang customer. Sebelum produk launching, Anda bisa menawarkan produk Anda secara gratis bagi mereka yang bersedia memberikan testimoni atau pendapat tentang produk Anda. Anda akan mendapatkan review produk yang akan Anda launching dan mendapatkan testimoni yang sah dan autentik.
 
  • Bonus

    Berikanlah nilai tambah terhadap penawar kita. Jelaskan kepada calon customer Anda bahwa uang yang mereka bayarkan juga sudah termasuk bonus – bonus yang nilainya lebih tinggi dari nilai produk utamanya. Perlihatkan harga / nilai dari bonus yang Anda berikan agar lebih terlihat nilai tambahnya. Contoh : Dapatkan Bonus Ebook senilai Rp. 432.xxx,- jika Anda transfer hari ini juga !
 
  • Diskon

    Buatlah diskon yang mendesak dan sangat singkat dengan batas waktu tertentu. Jelaskan jika diskon yang Anda tawarkan hanya berlaku 2 – 3 hari dan setelah itu harga akan kembali normal.
 
  • Risk Removal

    Semua pembeli menyukai belanja tanpa resiko. Tawarkan jaminan / garansi agar pembeli merasa aman ketika membeli Produk Anda. Contoh : Garansi ganti baru jika produk cacat atau Garansi uang kembali 100% tanpa ribet.

Semakin bagus Anda membuat sales letter maka semakin bagus juga tingkat konversi yang dihasilkan. Karena itu buatlah sales letter terbaik Anda semenarik mungkin untuk meningkatkan konversi penjualan Anda.

Jika ada kritik dan saran, silahkan sampaikan di komentar sebagai bahan renungan penulis untuk memperbaiki website ini kedepannya.

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.