Contoh Perusahaan yang Menerapkan CRM dan Tips Penerapannya

Customer Relationship Management (CRM), sangat penting untuk sebuah perusahaan. Terutama bagi yang ingin punya bisnis jangka panjang, dengan prospek untung yang semakin menggiurkan. Banyak contoh perusahaan yang menerapkan CRM, Anda bisa menjadikan referensi ketika ingin menerapkannya pada perusahaan sendiri.

Tidak sedikit orang yang menilai, penerapan CRM hanya buang-buang waktu. Padahal, dengan penerapan tepat hasilnya akan sangat positif untuk eksistensi bisnis. Seperti apa penerapan CRM yang baik? Simak penjelasannya berikut.

Daftar Isi

Contoh 10 Perusahaan yang Menerapkan CRM

Di dunia bisnis, banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem CRM dalam menjalankan usahanya. Sembilan diantaranya sudah sangat mendunia, bahkan menjadi perusahaan bisnis ternama yang menjadi acuan banyak perusahaan lain.

1. Unilever

Unilever

Siapa yang tidak kenal perusahaan Unilever, yang berhasil memproduksi berbagai jenis barang kebutuhan konsumtif berbagai kalangan. Salah satu alasannya bisa eksis sampai sekarang, yaitu karena penerapan sistem CRM yang sangat terstruktur.

Alhasil, dampaknya sangat signifikan bagi kemajuan perusahaan bahkan saat persaingan antar perusahaan sejenis semakin tinggi.

CRM yang diterapkan, biasanya berhubungan dengan analisa data dari pelanggan. Dimana hasilnya akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, kemudian memberikan produk dengan kualitas yang lebih maksimal dari waktu ke waktu.

2. Amazon

Amazon MP

Perusahaan asal negeri Paman Sam ini, sudah berhasil berkembang sebagai salah satu marketplace ternama dunia. CRM diterapkan oleh perusahaan yang dulunya bernama Cadabra Inc ini adalah, memaksimalkan sistem online untuk mengetahui karakter dan riwayat produk yang dicari konsumen.

Berbekal informasi tersebut, pihak internal Amazon mampu membuat banyak promo yang lebih tepat sasaran. Termasuk melakukan kampanye melalui email, tentang hal-hal berkaitan dengan promosi dan berbagai produk serta fitur yang dimilikinya.

628df52b97dea325552968

3. Zara

Zara

Brand fashion yang mendunia ini, memang dikenal dengan produk yang memiliki kualitas bagus. Salah satu langkah yang dilakukan, untuk menjaga kualitas adalah menerapkan beberapa sistem CRM yang tepat.

Diantaranya, membuat sebuah akses informasi secara real tentang data setiap outlet yang ada di seluruh dunia. Dengan adanya sistem akses tersebut, akan mempersingkat waktu untuk menemukan sebuah masalah dan mencarikan solusinya dengan lebih cepat.

Ada juga sistem untuk mendata bagaimana pendapat konsumen, digunakan untuk menentukan feedback melalui desain-desain produk yang disukai pelanggan mereka.

4. BMW

BMW Dealer

Sebagai salah satu brand mobil mewah yang usianya sudah 106 tahun, patut dijadikan acuan ketika ingin membangun bisnis untuk jangka panjang. Salah satu CRM, yang dilakukan adalah melakukan analisa data dari setiap pelanggan.

Dari data tersebut, bisa didapatkan kategori mana pelanggan yang potensial dan loyal. Sehingga perlu dijaga hubungan baik dengan mereka untuk jangka panjang.

5. British Airways

British Airways

Perusahaan penerbangan ini, memiliki sebuah strategi berupa pembuatan klub premium British Airways. Setiap orang yang menjadi anggota klub ini, akan mendapatkan fasilitas khusus setiap kali melakukan perjalanan menggunakan armada British Airways.

Anggota klub bisa mengumpulkan poin, untuk meningkatkan tipe keanggotaannya dari kategori paling rendah yaitu level perunggu, hingga tipe tertingginya yaitu platinum.

Dengan keanggotaan tersebut, seseorang juga bisa memilih kursi terbaiknya setiap akan terbang dengan British Airways.

6. Coca-Cola

Coca Cola Company

Bentuk CRM yang diterapkan oleh Coca-Cola, sangat berhubungan dengan kepuasan dari pelanggan. Mulai dari pemantauan bagaimana tingkah laku pelanggan, kemudian sejauh mana media sosial mengambil peran dalam promosi dan penawaran produk barunya.

Tersedia aplikasi khusus, untuk memudahkan semua divisi untuk melakukan koordinasi terbaik mereka. Dalam rangka memuaskan pelanggan, memaksimalkan pelayanan di setiap divisi terutama bagian produksi.

Aplikasi ini memungkinkan karyawan untuk membuka akses riwayat pelanggan, dimana saja mereka membeli produk Coca-Cola. Termasuk melakukan koordinasi antar divisi di berbagai kantor cabangnya.

7. ASDA

ASDA Supermarket

Salah satu supermarket ternama ini, menerapkan sistem CRM yang ternyata mampu membuat eksistensinya tidak memudar. Beberapa sistem yang diterapkan, pemahaman kondisi pelanggan melalui riwayat setiap transaksi.

Ada juga sistem pelayanan yang terpusat, sehingga apapun masalah konsumen bisa diatasi dengan cara yang tepat dimana saja dan kapan saja.

628df562225c8141768081

8. KFC

KFC Restaurant

Sebagai salah satu perusahaan franchise makanan cepat saji ternama di dunia, wajar kalau KFC menjadi kiblat bagi banyak perusahaan. Salah satunya karena perusahaan ini merupakan salah satu contoh perusahaan yang menerapkan CRM sejak lama.

Melalui berbagai terobosan menariknya, gerai makanan berbahan baku ayam ini tergolong eksis dan memiliki pelanggan setia.

Beberapa program CRM yang diterapkannya, sangat berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Seperti, menyediakan Wifi gratis untuk pelanggan yang datang. Saat ini, program free wifi tersebut sudah diterapkan di 548 cabang KFC seluruh dunia.

Ada juga beberapa program lainnya, seperti pengumpulan stempel KFC pada struk belanja. Jika sudah mencapai jumlah tertentu, maka pelanggan dapat menukarkannya dengan promo yang tersedia.

Kemudian sudah hadir pula aplikasi KFC, yang sangat membantu pelanggan mencari lokasi gerai terdekatnya untuk dikunjungi dan dine in atau melakukan order secara online.

9. Tesco

Tesco Supermarket

Perusahaan ini, melakukan analisis dari informasi tentang setiap pelanggan. Kemudian dibuatlah strategi agar perusahaan yang bergerak dibidang ritel tersebut, dapat membuat strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis.

Beberapa strategi CRM lainnya yang juga diterapkan diantaranya adalah, diskon yang diberikan secara berkala untuk pelanggan yang datang. Kemudian pemberian reward dan kupon untuk pelanggan yang beruntung.

Setiap pelanggan juga memiliki kesempatan untuk menjadi anggota Tesco, dengan berbagai fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan.

10. McDonald’s

Mcdonald's Restaurant

Sistem CRM yang diterapkan oleh perusahaan yang berusia 67 tahun ini, diantaranya sangat berhubungan dengan melakukan analisa terhadap transaksi yang dilakukan oleh konsumen. Dari analisa tersebut didapatkan banyak hal, yang akan membantu proses pencatatan transaksi.

Termasuk juga untuk menentukan penawaran terbaik apakah, yang bisa diterapkan pada gerai-gerai yang sudah ada. Sehingga nantinya konsumen semakin cinta, dengan produk dan pelayanan terbaik yang diberikan.

Ada juga sistem point of sale dari restoran tersebut, yang akan berhubungan dengan seberapa banyak konsumen berbelanja di setiap cabang McDonald’s.

628df545613d0042260823

Tips Menerapkan CRM Dalam Sebuah Bisnis

Apakah Anda ingin menerapkan CRM pada bisnis yang digeluti? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti:

  • Melek Teknologi

Selalu tahu bagaimana perkembangan teknologi yang menunjang bisnis, sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

  • Membuat Aplikasi Penunjang Bisnis

Aplikasi merupakan salah satu cara membuat branding bisnis terbaik, dengan membuat aplikasi penunjang pelayanan kepada konsumen maka dampaknya akan sangat signifikan. Terutama untuk perkembangan bisnis dan eksistensinya untuk jangka panjang.

  • Memaksimalkan Media Sosial

Mengingat saat ini media sosial sudah menjadi bagian penting dari keseharian banyak orang, maka memaksimalkannya untuk mengembangkan bisnis adalah jalan yang sangat disarankan. Buat media sosial khusus bisnis Anda, untuk memperkenalkan usaha dan produk yang dijual.

  • Analisa Data

Melakukan analisa data pelanggan sangat penting, untuk mendapatkan data akurat tentang pelanggan.

Ternyata banyak contoh perusahaan yang menerapkan CRM yang bisa dijadikan referensi. Anda tinggal pilih mau menerapkan CRM seperti apa, yang sesuai dengan kondisi bisnis.

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.