Apa Kelebihan Iklan Dan Kekurangan Di Radio ?

Perkembangan teknologi yang pesat membawa dampak yang besar dalam dunia radio. Jumlah pendengar yang sudah tidak sebanyak dahulu membuat periklanan di media ini sedikit banyak mengalami perubahan. Namun hingga saat ini kelebihan dan kekurangan iklan di radio masih cukup menarik untuk diikuti.

Faktanya meskipun sudah tidak sejaya dulu, nyatanya masih banyak produk dan merek yang mau beriklan di saluran radio. Hal ini terjadi tentu bukan tanpa alasan. Bagi Anda yang mungkin memiliki bisnis dan mempertimbangkan untuk memasang iklan di radio, berikut kami berikan gambaran kekurangan dan kelebihan beriklan di radio.

Daftar Isi

Deretan Kelebihan dan Kekurangan Iklan Radio

Seperti halnya metode iklan di media lain, iklan di media radio memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Mari kita mulai dari kelebihannya.

6 Kelebihan Iklan Di Radio

6 Kelebihan Iklan Di Radio

1. Harga Relatif Lebih Murah

Jika Anda memiliki budget terbatas untuk biaya iklan, maka mengiklankan produk di radio merupakan pilihan yang bagus. Hal ini dikarenakan iklan di radio tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan iklan di media lain seperti televisi, koran, majalah, atau membayar jasa endorsement di media sosial.

Selain itu, jika dibandingkan dengan dulu, kenaikan biaya iklan di radio tidak mengalami peningkatan signifikan. Tidak seperti media lain yang kenaikannya sudah jauh berbeda jika dibandingkan dahulu.

Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan radio yang memang tidak begitu pesat. Dari dulu, radio masih tetap sama dan jangkauannya pun masih itu-itu saja.

2. Menimbulkan Efek Imajinasi yang Bisa Lebih Dahsyat Daripada Visual

Iklan di radio memang tidak bisa menampilkan gambar dan hanya menggunakan media suara. Namun hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri jika disikapi dengan baik. Mengapa demikian? Memberikan suara dengan story telling yang bagus akan menimbulkan imajinasi bagi para pendengarnya.

Dengan demikian, produk Anda akan diimajinasikan secara bebas oleh para pendengar sesuai dengan bagaimana Anda membangun iklan tersebut. Cara ini sangat baik untuk membangun citra bagus pada produk Anda melalui iklan radio.

Jika dibandingkan dengan metode iklan media lain yang mayoritas menggunakan visual, maka ini bisa saja lebih baik. Karena yang menggunakan visual akan sangat terbatas pada apa yang tampak pada layar saja.

3. Radio Praktis dan Ada Dimana Saja

Radio adalah bentuk media yang praktis dan bisa ada dimana saja karena memang dapat dibawa kemana saja. Apalagi sekarang radio sudah terpasang di banyak jenis gadget seperti smartphone dan laptop. Jadi potensi pendengar radio masih terbilang banyak.

Selain itu, radio juga biasa terdapat di dashboard mobil dan tak sedikit orang yang masih mendengarkannya. Begitu juga di pedesaan, mereka masih banyak yang mempertahankan radio-radio klasik yang tentunya masih berfungsi dan terus didengarkan sampai saat ini.

4. Sifatnya yang Auditif Membuat Anda Lebih Leluasa Menyampaikan Pesan

Tidak bisa dipungkiri menyampaikan pesan lewat suara memiliki keunggulan tersendiri daripada lewat teks. Inilah yang menjadikan radio masih banyak diminati oleh para pengiklan. Karena Anda bisa menyampaikan pesan lebih leluasa dengan sifat auditif yang dimiliki oleh radio.

Di sini Anda bebas mendeskripsikan produk Anda seperti apa. Bisa dengan berbagai metode seperti menyampaikan review dari konsumen sebelumnya, mendeskripsikan produk secara detail, atau mengundang pendapat ahli.

Semuanya disampaikan melalui suara dan kembali seperti poin sebelumnya, ini semua akan membentuk imajinasi para pendengarnya sehingga mereka bisa bebas melihat produk Anda seperti apa. Jika iklan Anda cukup bagus, maka goals akan tercapai dengan semakin banyaknya customer.

5. Mengatasi Calon Customer Buta Huruf

Mengiklankan menggunakan media teks terkadang memiliki keterbatasan tersendiri, yaitu tidak bisa menjangkau mereka yang kurang beruntung dan buta huruf. Hasilnya jangkauan Anda kurang maksimal karena tidak bisa menjangkau semua orang.

Nah, dengan menggunakan radio, Anda bisa menjangkau semua orang termasuk mereka yang buta huruf. Dengan demikian, mereka bisa mengetahui iklan Anda melalui media suara yang dihasilkan oleh radio yang mereka miliki. Cara ini tergolong cukup efektif untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

6. Bisa Diterima Siapa Saja

Kelebihan dan kekurangan iklan radio berikutnya adalah iklan di sini dapat diterima oleh siapa saja. Ya, radio merupakan media yang masih digunakan oleh siapa saja. Baik muda, tua, hingga anak-anak. Tidak ada batasan umur tertentu untuk mendengarkan radio.

Tidak seperti televisi dan media sosial yang terkadang memberikan batasan usia tertentu pada jam tertentu sehingga berpotensi membatasi ruang gerak iklan Anda dan kurang memaksimalkan jangkauan kepada calon pembeli.

4 Kekurangan Iklan Di Radio

4 Kekurangan Iklan Di Radio

Tidak hanya kelebihan, mengiklankan produk di radio tentu juga memiliki kekurangan tersendiri. Mari kita lanjutkan kelebihan dan kekurangan iklan radio ini ke sisi kekurangannya. Langsung saja simak infonya berikut :

1. Waktu Sangat Terbatas

Permasalahan yang harus Anda pikirkan ketika mengiklankan produk di radio adalah durasi yang sangat terbatas. Biasanya hanya beberapa menit bahkan detik. Jadi Anda harus pandai-pandai mengemas sebuah iklan yang menarik dalam waktu yang cukup singkat.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Karena seperti yang kita tahu, jika Anda mengiklankan sesuatu di media sosial, walaupun masih dibatasi waktu namun audiens masih bisa melihatnya kembali, sehingga tidak masalah jika mungkin mereka terlewat karena masih bisa di playback.

Sedangkan di radio tidak demikian. Sekali mereka terlewat maka mereka harus menunggu bagian iklan selanjutnya. Oleh karena itu pastikan Anda selalu mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi di akhir iklan radio agar mereka bisa langsung mencatatnya.

2. Pendengar Berpotensi tidak Mendengarkan Secara Penuh

Untuk hal ini sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi. Misal, karena radio adalah media yang berbasis suara, maka bisa saja saat bagian iklan Anda pendengar terganggu oleh suara lain yang lebih keras sehingga mereka tidak bisa dengan jelas mendengar iklan Anda.

Lalu bisa juga kasus karena iklan Anda terlalu membosankan sehingga mereka mengganti ke channel lain dan iklan Anda tidak didengarkan secara utuh. Maka dari itu siapkan konsep iklan yang menarik jika Anda memutuskan untuk beriklan di sini.

3. Persaingan Ketat

Tidak bisa dipungkiri persaingan iklan di radio sangatlah ketat. Terkadang persaingan ini membuat harga di beberapa channel dengan pendengar yang sudah banyak melambung tinggi. Apalagi jika channel tersebut sudah dipercaya oleh brand-brand besar.

Jadi jika brand Anda masih tergolong kecil, siapkan strategi khusus agar Anda bisa memenangkan persaingan ini. Karena dunia bisnis akan sangat lekat dengan persaingan.

4. Tidak Bisa Didengarkan Ulang

Kelemahan selanjutnya dari mengiklankan produk di radio adalah iklan tidak bisa didengarkan ulang. Sekali pendengar terlewat, maka iklan Anda akan dilupakan begitu saja. Hal ini tentu merugikan karena Anda sudah membayar penuh dengan harapan terpenuhi target audiens yang dicapai.

Kelebihan dan kekurangan iklan radio memang patut untuk dipertimbangkan. Karena tidak semua produk cocok untuk diiklankan menggunakan radio. Jadi, pertimbangkan baik-baik tentang poin-poin di atas untuk kebaikan bisnis Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Ads Blocker Terdeteksi!!!

Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Harap dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.

Terima Kasih :)

Refresh