Pengertian Menurut Ahli Serta Deretan Pokok Sumber Daya Kewirausahaan

Bagi para wirausaha atau enterpreneur ada baiknya mengenal beberapa sumber daya kewirausahaan yang untuk menjalankan perencanaan proses produksi dan pengelolaan yang baik dalam menjalankan serta untuk mencapai tujuan utama pemilik usaha atau wiraswasta. 

Sumber daya tersebut akan menentukan aktivitas wirausaha untuk menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi serta menentukan strategi pemasaran dan pengaturan permodalan. Para wirausaha perlu memahami sumber daya utama untuk kelancaran usahanya.

Daftar Isi

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Dalam pengertian secara umum, pengertian kewirausahaan atau entrepreneur, kata tersebut dari Perancis, entreprendre yang berarti ‘melakukan’. Melakukan tersebut berarti dalam konteks bisnis dan memulai, mengorganisir, mengelola, serta menanggung risiko bisnis atau perusahaan. 

Meski banyak diminati, profesi wirausahawan ini cukup populer di dunia usaha, namun sayangnya tak banyak yang mampu bertahan di dunia industri kewirausahaan satu ini. Untuk itu, berikut pengertian kewirausahaan menurut beberapa sudut pandang para ahli. 

  • Menurut Ahmad Sanusi

Ahli Ahmad Sanusi mengemukakan bahwa pengertian kewirausahaan merupakan suatu nilai yang terwujud melalui tindakan untuk menjadi sumber daya, metode, cara serta tenaga penggerak, tujuan perusahaan, serta proses hingga menjadi sebuah hasil bisnis yang bernilai. 

  • Menurut Zimmerer

Pengertian kewirausahaan menurut ahli Zimmerer merupakan sebuah proses penerapan inovasi serta proses kreativitas dalam memecahkan masalah dan menentukan beberapa solusi agar kehidupan dalam industri bisnis bisa diperbaiki dan lebih lancar dari sebelumnya. 

  • Menurut Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut ahli Eddy Soeryanto Soegoto menuturkan pengertian kewirausahaan merupakan salah satu usaha kreatif seseorang yang dilakukan dengan ada munculnya inovasi yang baru dan adanya perbedaan dengan yang lain dan memiliki nilai tambah, manfaat dan lapangan pekerjaan baru. 

  • Menurut Joko Untoro

Kewirausahaan menurut ahli Joko Untoro adalah suatu keberanian yang dipunyai seseorang dalam melakukan beragam upaya sehingga kebutuhan hidup bisa dipenuhi. Selain itu, juga menggunakan kemampuan dan memanfaatkan potensi diri dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. 

  • Menurut Siswanto Sudomo 

Bagi ahli Siswanto Sudomo pengertian kewirausahaan merupakan semua hal penting yang menyangkut pengusaha yang merupakan seseorang yang memiliki sifat pekerja keras, rela berkorban serta berani ambil resiko dan merupakan ide yang dimiliki bisa terwujud dengan benar. 

  • Menurut Soeharto Prawiro

Pengertian kewirausahaan dari ahli Soeharto Prawiro mengatakan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu nilai yang digunakan untuk memulai sebuah ide bisnis dan mengembangkan ide bisnis yang dimiliki sebuah pelaku wirausaha agar menjadi sebuah produk yang inovatif. 

  • Menurut Adam Smith

Dalam karya Adam Smith berjudul Wealth of Nations menjelaskan kewirausahaan adalah studi terkait dengan tindakan manusia yang mengarah pada perubahan dalam pembagian kerja. Pengertian ini memberikan makna empiris yang meneliti pembentukan usaha baru.

  • Menurut Peter Drucker

Cukup populer, pandangan ahli Peter Drucker terkait kewirausahaan dalam judul Innovation and Enterpreneurship: Practice Principles menuturkan secara singkat, yaitu orang yang selalu mencari perubahaan, meresponsnya serta memanfaatkan sebagai peluang untuk menciptakan hal baru. 

  • Menurut Fahmi

Ahli mengatakan pengertian kewirausahaan adalah suatu ilmu yang mengkaji terkait pengembangan serta pembangunan semangat kreativitas. Selain itu juga berani menanggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan demi mencapai dan mewujudkan hasil ide karya tersebut. 

Deretan Sumber Daya  Kewirausahaan

Deretan Sumber Daya Kewirausahaan

 

  • Uang

Uang merupakan sumber daya utama yang paling penting dalam wirausaha. Alat tukar dan pengukur nilai ini menunjukkan besar kecilnya hasil kegiatan yang dapat diukur dari jumlah uang dalam perputaran dalam perusahaan. Untuk itu, uang menjadi unsur untuk mencapai tujuan. 

Sumber daya satu ini juga berhubungan dengan segala hal yang perlu diperhitungkan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan berapa hasil yang dicapai oleh perusahaan. Selain itu, uang juga berhubungan dengan modal utama para wirausaha. 

  • Manusia 

Selain uang yang menjadi modal dan hal utama yang berada dalam perputaran di dalam perusahaan, manusia juga menjadi salah satu sumber daya utama yang berkaitan langsung dengan beberapa faktor, seperti produksi, modal serta keterampilan serta dalam pendekatan ekonomi. 

Manusia dinilai merupakan salah satu unsur manajemen yang penting dalam mencapai tujuan suatu perusahaan. Salah satu sudut pandang lain mengatakan sumber daya manusia tak bisa disamaratakan dengan faktor produksi lainnya, baik dilihat dari filsafat, konsepsi maupun moral. 

  • Market atau Pasar

Setelah uang dan manusia yang menjadi salah satu sumber daya penting, sumber ketiga adalah pasar. Sumber daya ini berkaitan langsung dengan barang yang diproduksi yang tak laku hingga proses produksi barang yang akan dihentikan dan strategi pemasaran barang usaha. 

Sumber daya satu ini merupakan penguasaan pasar yang memiliki arti menyebarkan hasil produksi yang menjadi faktor utama dalam menentukan perusahaan di industri. Agar pelaku usaha dapat menguasai pasar, maka kualitas barang yang diproduksi harus sesuai kebutuhan dan daya beli. 

  • Fisik

Berkaitan langsung dengan sumber daya pasar yang memfokuskan tujuannya pada proses produksi barang atau jasa. Sumber daya lainnya yang nggak kalah penting adalah fisik atau material utama suatu barang yang akan dijual dan disebarluaskan di industri. 

Untuk menjadi sebuah produk, biasanya perusahaan tidak membuat sendiri bahan mentahnya, umumnya manajer perusahaan mencari vendor dari perusahaan pihak ketiga dan bekerja sama untuk memperoleh bahan dengan harga paling murah dan tentunya pengolahan yang efisien. 

  • Metode 

Setelah menentukkan material dan sumber daya kewirausahaan yang penting di atas, selanjutnya para pengusaha menentukan metode produksi dan pemasaran. Tentunya metode tersebut sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja yang berjalan efektif serta efisien, baik produksi dan tenaga kerja.

Sumber daya metode ini diperlukan sebuah perusahaan untuk metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain produksi, metode administrasi ini tak bisa terjadi begitu saja, penemuan memerlukan waktu yang lama untuk penyesuaian dan menentukkan metode yang sesuai. 

  • Teknologi

Setelah menentukkan bahan mentah produksi serta metode produksi, sumber daya terakhir adalah teknologi yang memiliki peran penting dalam proses produksi. Semakin berkembangnya teknologi, banyak proses produksi yang awalnya dikerjakan manusia kini dialihkan dengan mesin canggih. 

Beberapa mesin canggih kini sudah diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dan mempercepat proses produksi. Dengan begitu, proses produksi lebih efisien dan mudah. Namun begitu tetap membutuhkan manusia untuk mengawasi mesin untuk perbaikan saat mesin rusak.

Itulah tadi pengertian menurut pandangan ahli terkait sumber daya kewirausahaan itu sendiri. Beberapa pandangan ahli menuturkan bahwa kewirausahaan merupakan sesuatu yang memiliki nilai kewirausahaan merupakan salah satu usaha kreatif seseorang menghasilkan sesuatu. 

Tak hanya pengertian, beberapa unsur penting dalam kewirausahaan seperti uang, manusia, fisik, pasar, metode serta teknologi yang mendukung kewirausahaan dan bisnis berjalan lancar dan memiliki tujuan yang sama dengan perusahaan yang dibangun pelaku usaha itu sendiri.   

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments