Pengertian, Fungsi Hingga Manfaat Orientasi Perusahaan Terhadap Pasar

Sebelum masuk ke fungsi hingga manfaat orientasi perusahaan terhadap pasar, ada baiknya memahami pengertiannya terlebih dahulu. Orientasi pasar sendiri merupakan sudut pandangan perspektif serta budaya yang terlihat dari proses hingga aktivitas perusahaan. 

Aktivitas perusahaan juga masuk dalam menciptakan nilai tinggi bagi kebutuhan pelanggan sebagai hal utama dalam proses pemasaran serta menjadi fokus utama perusahaan untuk memfokuskan usaha dan pasar sesuai dengan kepuasan pelanggan atau konsumennya. 

Daftar Isi

1. Pengertian Orientasi Perusahaan Terhadap Pasar

Pengertian Orientasi Perusahaan Terhadap Pasar

Pengertian orientasi pasar secara umum merupakan parameter perilaku serta proses dari konsep pemasaran suatu perusahaan. Bagi perusahaan yang bisa berorientasi pasar, maka perusahaan tersebut bisa mengembangkan serta memahami apa yang dibutuhkan konsumen. 

Saat perusahaan memahami pasar, maka perusahaan dapat menciptakan suatu strategi pemasaran serta memiliki pengetahuan kekuatan serta kelemahan pesaingnya dalam pasar. Orientasi pasar memiliki pengertian lain, berikut pandangan pasar menurut ahli. 

  • Menurut Octavia (2012)

Orientasi pasar menurut Octavia yang dikemukakan pada tahun 2012 sendiri merupakan budaya untuk melengkapi nilai konsumen serta proses yang terus menerus dilakukan untuk mendapatkan nilai tertinggi bagi pembeli, konsumen hingga pelanggan. 

  • Menurut Craven dan Piercy (2013)

Pendapat yang dikemukakan oleh ahli Craven dan Piercy pada 2013 lalu menuturkan orientasi pasar merupakan sudut pandang yang membuat konsumen hanya fokus perhatian pada kegiatan di dalam perusahaan saja. 

  • Menurut Uncles (2000)

Sedangkan ahli Uncles di tahun 2000 menuturkan bahwa orientasi pasar merupakan proses serta aktivitas yang berkesinambungan dengan penciptaan serta kepuasan pelanggan dengan cara terus memiliki nilai atau hal-hal yang dibutuhkan serta sesuai dengan keinginan pelanggan. 

  • Menurut Tjiptono dkk (2008)

Menurut Tjiptono orientasi pasar merupakan salah satu budaya bisnis yang memberikan hal secara efektif serta efisien untuk mendapatkan perilaku pegawai sehingga mendukung usaha-usaha menciptakan nilai terbaik bagi para pelanggan dan konsumennya. 

  • Menurut Kohli dan Jaworsku (1990)

Terakhir ahli Kohli dan Jaworski menuturkan pandangannya terkait orientasi pasar adalah operasional berfokus pada pemasaran, sama halnya dengan fokus pada pelanggan serta pemasaran yang sudah terorganisir serta terkoordinasi lebih rapi. 

2. Komponen Orientasi Pasar 

Komponen Orientasi Pasar

Ahli Naver dan Slater menyatakan terdapat tiga komponen Orientasi pasar yang merupakan terdiri dari orientasi konsumen, orientasi pesaing dan koordinasi antar fungsi. Tiga komponen tersebut merupakan hal penting yang harus dimiliki perusahaan terhadap pasar. 

Tiga komponen orientasi pasar tersebut menjadi penting oleh perusahaan karena ada nilai-nilai yang dibangun perusahaan untuk memberikan hasil serta kepuasan untuk pelanggan. Orientasi tersebut merupakan proses pemahaman pelanggan untuk dijadikan nilai untuk perusahaan sendiri. 

  • Orientasi Pelanggan

Komponen utama orientasi pelanggan merupakan pemahaman perusahaan pada target konsumen  sebelum menciptakan nilai yang berharga pada pelanggannya seterusnya. Melalui orientasi pelanggan, nantinya akan membentuk persepsi pelanggan atas nilai yang dirasakan. 

Selain itu, Orientasi pelanggan masuk dalam aktivitas yang ikut dalam pemahaman perusahaan terhadap kebutuhan target pemasaran. Serta menjadi rujukan untuk menentukkan target pelanggan untuk kedepannya merancang produk dan jasa yang dibutuhkan pasar serta kepuasan pelanggan. 

  • Orientasi Pesaing

Orientasi pesaing sendiri merupakan pemahaman perusahaan pada kekuatan serta kelemahan dalam jangka waktu pendek. Tak hanya itu hal ini juga berlaku pada strategi jangka panjang dari para pesaing perusahaan yang berpotensi muncul dan meramaikan pasar. 

Sedangkan pemahaman orientasi pesaing memiliki dua tujuan yaitu dalam jangka pendek untuk perusahaan memahami kekuatan dan kelemahan baik pesaing saat ini dan masa depan, serta jangka panjang untuk menentukan strategi kedepannya untuk fokus pada menarik target konsumen.

  • Orientasi Antar Fungsi

Komponen terakhir dari orientasi pasar adalah koordinasi antar fungsi yang merupakan refleksi dari koordinasi sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk menciptakan nilai konsumen bagi pelanggan dengan tepat sasaran. Serta memberi respon yang tepat pada pelanggan yang membutuhkan. 

Hal ini perlu dilakukan dalam organisasi agar sumber daya yang dipunyai perusahaan dapat dipakai secara maksimal untuk menciptakan kepuasan pada konsumen itu sendiri. Tak hanya itu, juga menjaga pesaing yang nantinya bisa saja memperhemat strategi yang tengah dikembangkan. 

3. Fungsi Serta Manfaat Orientasi Pasar

 

Fungsi Serta Manfaat Orientasi Pasar

Setelah mendapatkan pengertian orientasi perusahaan terhadap pasar bahkan menurut pandangan para ahli dan mengerti adanya komponen-komponen yang ada di dalamnya, kini saatnya mengetahui fungsi serta manfaat orientasi pasar itu sendiri berdasarkan pandangan ahli.

Orientasi pasar sendiri berguna untuk mengarahkan perusahaan pada kompetisi advantage yang bisa dipertahankan melalui beberapa aktivitas di internal serta eksternal. Ahli Hasan di tahun 2008 memberikan pendapat terkait fungsi serta manfaat Orientasi pasar, simak penjelasan berikut ini.

  • Fungsi utama adalah mengarahkan perusahaan pada perbedaan dan efisiensi produk berdasarkan orientasi pasar. Saat perusahaan melakukan orientasi pasar, maka perusahaan tersebut mendapatkan penilaian yang berguna untuk strategi produk di masa mendatang. 
  • Kedua, fungsinya mengarahkan manajer untuk mengurangi adanya penekanan orientasi produk untuk merespon pasar. Hal ini berguna bagi para manajer yang terus menekan orientasi produk serta merancang produk yang dibutuhkan pelanggan serta efisien agar tertarik. 
  • Terakhir, fungsinya adalah mengarahkan sistem organisational contohnya seperti formalisasi serta sentralisasi yang ditentukan berurutan dan tak dapat berdiri sendiri. Dari tiga sistem tersebut perusahaan menentukkan urutannya secara akurat, pasalnya tak bisa menjadi tunggal.
  • Jika tiga di atas merupakan fungsi, sedangkan manfaat orientasi pasar sendiri dapat membantu perusahaan saat proses produksi, baik itu merupakan jasa atau produk yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan para pelanggannya. 
  • Manfaat lainnya adalah orientasi pasar ini berguna untuk jangka panjang produksi secara efisien baik itu berupa produk maupun jasa, serta mampu menjadi daya jual yang bisa dibandingkan dengan pesaingnya. 
  • Selanjutnya, manfaat orientasi pasar adalah adanya perbedaan-perbedaan antara kinerja yang dicapai oleh perusahaan dari adanya orientasi pasar ini. Perusahaan bisa menjelaskan adanya hal yang tak sama terkait kinerja yang dicapai oleh suatu perusahaan. 
  • Manfaat orientasi pasar selanjutnya bisa mempengaruhi aktivitas internal seperti adanya investasi ulang, mengenal kemampuan diri dengan lebih baik serta adaptasi dengan orientasi pasar atau yang biasa disebut adaptation of more market oriented. 
  • Sedangkan untuk manfaat eksternal, memenuhi komponen seperti adaptasi perubahan, kecepatan mobilitas, kompleksitas sosial serta meningkatkan efektivitas waktu serta pengetahuan prosedural, ambiguitas eksternal serta efisiensi massal dapat tercapai. 

Dalam usaha bisnis, sebelum menentukan strategi perusahaan, pengembang produk serta aktivitas-aktivitas lainnya yang terkait dengan kompetensi inti memerlukan adanya orientasi perusahaan terhadap pasar yang merupakan hal dasar dan mendorong tingkatkan bisnis ke depannya. 

Hal ini berkaitan dengan kekuatan bisnis suatu perusahaan untuk menentukkan target pelanggan dalam orientasi pasar yang baik. Sebuah perusahaan juga perlu memenuhi tiga komponen di atas agar kesinambungan antara pelanggan fungsi serta manfaat orientasi pasar dapat berjalan baik. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments