Bisnis Cepat Berkembang, Ini 8 Tugas Manajemen Pemasaran

Definisi singkat pemasaran adalah menciptakan kebutuhan dan keinginan pelanggan, untuk itu terdapat tugas manajemen pemasaran yang bertujuan memajukan sebuah bisnis. Tak hanya sekedar memuaskan pelanggan, namun pemasaran lebih dari sekedar hal itu. 

Pemasaran berpengaruh dalam sebuah bisnis dan mendorong konsumen menghabiskan uang untuk membelanjakan barang dan jasa yang tidak benar-benar dibutuhkan. Berhasil atau tidaknya pemasaran, tergantung dengan tugasnya apakah dilaksanakan dengan baik atau tidak.

Daftar Isi

Pengertian Tugas Manajemen Pemasaran Menurut Ahli

Pengertian Tugas Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

 

  • Menurut Swastha (1995:5)

Manajemen pemasaran menurut ahli Swastha merupakan keterkaitan dengan  penganalisaan, pelaksanaan dan pengawasan program yang memiliki tujuan untuk menimbulkan pertukaran dengan pasar yang ditarget dengan maksud mencapai tujuan perusahaan. 

  • Menurut Dharmmesta & Handoko (1982)

Sedangkan manajemen pemasaran menurut ahli Dharmmesta & Handoko merupakan salah satu pokok yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan, perkembangan dan mendapatkan keuntungan. Proses tersebut dimulai sebelum barang diproduksi. 

Kegiatan pemasaran yang merupakan pokok perusahaan yang mengharuskan memberikan kepuasan untuk konsumen apabila menginginkan usahanya terus berjalan atau pelanggan memiliki pandangan yang lebih baik untuk perusahaan. 

  • Menurut Boyd, Walker, Larreche (1998)

Ahli Boyd, Walker, Larreche menyebutkan manajemen perusahaan merupakan salah satu proses analisis perencanaan, implementasi serta pengendalian program pemasaran yang terkait dari kebijakan produk, harga promosi serta terkait dari distribusi dari produk, jasa dan ide. 

Hal-hal yang terkait dengan produk, promosi serta distribusi yang ditawarkan untuk menciptakan serta peningkatan pertukaran manfaat dengan pasar yang disasar dalam upaya mencapai tujuan suatu perusahaan. 

  • Philip Kotler & Amstrong (2002:14)

Menurut ahli Philip Kotler & Amstrong, manajemen pemasaran merupakan analisis yang direncanakan, pelaksanaan serta pengendalian atas program yang sudah dirancang untuk membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan. 

Pertukaran yang menguntungkan ini merupakan pengertian dari pembeli atau konsumen yang tepat sesuai target dengan maksud untuk mewujudkan tujuan perusahaan mencapai sasaran. 

  • Sofyan Assauri (2004)

Sedangkan pendapat ahli Sofyan Assauri menuturkan bahwa manajemen pemasaran merupakan kegiatan menganalisis serta merencanakan koordinat dan mengendalikan kegiatan terkait dengan peluncuran produk, promosi serta pendistribusian. 

Tak hanya itu, pemasaran juga berkaitan dengan komunikasi dengan pelanggan, menetapkan harga serta proses transaksi dengan tujuan agar konsumen dapat terpuaskan. Kegiatan tersebut lantas dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan perusahaan jangka panjang. 

8 Tugas Penting Manajemen Pemasaran

8 Tugas Penting Manajemen Pemasaran

 

1. Mengembangkan Strategi Pemasaran

Tugas manajemen pemasaran yang pertama adalah mengembangkan strategi pemasaran yang berkaitan dengan identifikasi potensi adanya peluang jangka panjang sesuai  dengan pengalaman pasar. Contohnya, proses pengembangan produk utama ke lini produk lain yang berkesinambungan.

Divisi pengembangan produk ini harus mengetahui keadaan pasar melalui riset terkait produk utama yang dipromosikan, bisa saja barang-barang atau jasa apa yang dibutuhkan konsumen yang masih berkaitan dengan produk utama, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi nilai jual produk. 

2. Memahami Gagasan Pemasaran

Kegiatan satu ini berkaitan dengan proses sebelum adanya produk jadi, ada baiknya para pemasaran melakukan riset di lingkungan dengan erat dan cermat dan mengumpulkan informasi pemasaran terpercaya. Tugas ini berkaitan dengan riset lingkungan terkait pesaing dan kebutuhan. 

Tugas pemasaran satu  ini juga termasuk dalam riset kekuatan terkait demografis, fisik, ekonomi, teknologi serta sosial dan budaya di sekitar yang mempengaruhi penjualan produk dan laba yang diperoleh. Selain itu juga berkaitan langsung respon penjualan dan praktik di lapangan. 

3. Membangun Merek yang Kuat

Selain mengerti target pasar, membangun merek dalam suatu produk merupakan tantangan tersendiri bagi divisi pemasaran. Pasalnya hal ini juga terkait dengan produk dan segmen pasar yang sesuai dengan target baik di kelas ekonomi maupun sosial budayanya. 

Perusahaan juga harus mempertimbangkan terkait kompetitor yang akan dihadapi dan antisipasi langkah pesaing agar bisa diketahui reaksi cepat dan pasti dari konsumen. Tak hanya itu, merek yang dibangun juga menjadi wajah perusahaan serta kepopuleran merek tersebut. 

4. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Cara terbaik untuk menciptakan nilai yang tepat sasaran dan mengembangkan produk jangka panjang adalah mengandalkan hubungan baik dengan pelanggan. Cara ini bisa menjadi riset perusahaan dan pemasaran terkait hal-hal yang dibutuhkan serta diinginkan pelanggan. 

Kegiataan ini harusnya bisa mengerti peluang pasar serta potensial yang bisa digali dari konsumen. Tugas ini juga berkaitan dengan pembagian pasar atau segmen yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, tiap segmen pasar akan mendapatkan pasar yang sesuai dengan target. 

5. Mengkomunikasikan Nilai

Tugas selanjutnya di divisi manajemen pemasaran adalah terus melakukan komunikasi dengan pasar dan memiliki nilai yang tepat sasaran. Komunikasi pemasaran berhubungan dengan memaksimalkan kontribusi baik individual maupun kolektif dari semua aktivitas komunikasi. 

Selain itu perusahaan juga perlu menyusun program-program komunikasi massa seperti promosi di media seperti iklan, membuat event , promosi penjualan yang melibatkan masyarakatnya. Sebelum itu, manajemen pemasaran juga harus aktif serta interaktif komunikasi dengan pelanggan. 

6. Menghantarkan Nilai 

Sebuah perusahaan harus bisa mengantarkan atau memberikan sebuah nilai yang ada dalam produk atau jasa itu sendiri kepada pelanggan. Selanjutnya, perusahaan juga harus bisa menerapkan saluran yang tepat agar pelanggan dapat menjangkau produk tersebut dengan mudah.

Sebelum dipasarkan, sebuah produk atau jasa harus identifikasi dan memahami setiap tipe pasar untuk dijadikan target pemasaran nantinya. Seperti bagaimana mengkomunikasikan nilai produk atau jasa pada pedagang grosir, distributor hingga pengecer.  

7. Penawaran Pasar

Tugas selanjutnya adalah sebuah produk penawaran perusahaan yang mencakup kualitas ,desain, fitur serta kemasan dalam sebuah produk atau jasa. Untuk mencapai keunggulan yang berbeda dari pesaing, tugas satu ini bertujuan untuk memberikan penawaran terbaik yang diberikan perusahaan.

Penawaran pasar bisa beragam, seperti program persewaan, pengiriman, perbaikan serta penawaran produk pada pelanggan dan harga. Oleh karena itu, harga suatu produk yang ditawarkan kepada calon pelanggan harus sesuai dengan nilai penawaran barang itu sendiri. 

8. Pertumbuhan Jangka Panjang

Tugas terakhir adalah, pertumbuhan jangka panjang, mencapai suatu tujuan mungkin mudah, namun mempertahankan dan mengembangkan dalam waktu jangka panjang salah satu yang sulit dilakukan bagi pelaku usaha bisnis maupun perusahaan. 

Pengembangan jangka panjang sendiri bisa berupa peluncuran produk baru yang mengikuti tren, mempertimbangkan peluang yang ada serta menghadapi tantangan global yang terus berubah. Tugas ini sangat penting untuk merespon hal tersebut dan memberikan umpan balik yang efisien. 

Beberapa pandangan ahli di atas terkait tugas manajemen pemasaran adalah ujung tombak suatu perusahaan untuk mempertahankan barang atau jasa yang dimiliki dapat bertahan di pasar. Tugas-tugas manajemen sendiri berhubungan langsung dengan produk, pasar dan pesaingnya. 

Tugas manajemen merupakan kegiatan pokok yang dilakukan agar perusahaan dapat mempertahankan usahanya. Tugas tersebut berkaitan dengan pengembangan yang menjadi fokus perusahaan dan mempertahankannya agar pemasaran tetap bisa berjalan dengan baik.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments