4 Tujuan Presentasi Bisnis dan Cara Terbaik Untuk Melakukannya

Melakukan presentasi di dunia bisnis adalah salah satu momen penting, yang dilakukan untuk berbagai kondisi. Banyak tujuan presentasi bisnis yang perlu dipahami, supaya ketika membuat bahan presentasi nanti akan lebih tepat sasaran.

Presentasi bisnis merupakan salah satu kegiatan memberikan informasi kepada pihak lain tentang sebuah bisnis. Isinya berupa gagasan, ide, dan penjelasan lainnya terkait sebuah bisnis yang punya tujuan tertentu.

Daftar Isi

4 Tujuan Presentasi Bisnis

Secara garis besar, tujuan dari sebuah presentasi bisnis ada empat. Dimana masing-masing akan sangat berkaitan satu sama lain, alhasil sebuah presentasi akan dipahami maksimal oleh audiens.

1. Menyampaikan Pesan dan Informasi Bisnis

Menyampaikan Pesan dan Informasi Bisnis

Tujuan pertama adalah, menyampaikan berbagai pesan bisnis kepada orang yang melihat dan mendengar pemaparannya. Sehingga, hal penting tentang bisnis dapat dipahami oleh audiens dengan lebih baik.

Tujuan ini akan menjadi prioritas, ketika presentasi bisnis dibuat untuk menjabarkan laporan perusahaan pada rentang waktu tertentu. Seperti laporan progress perusahaan, laporan keuangan, dan lainnya.

Begitu juga dengan rencana bisnis, yang tentunya berisikan informasi tentang apa saja rencana yang akan direalisasikan oleh sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu. 

Sehingga nantinya bisa diambil sebuah kesimpulan tentang siapa yang terlibat, anggaran yang dibutuhkan, hingga strategi yang tepat.

Informasi yang juga bisa disampaikan untuk mencapai tujuan ini adalah, informasi tentang portofolio bisnis untuk para investor. Memberikan gambaran bagaimana kinerja sebuah bisnis, peluang keuntungan yang bisa diambil oleh calon investor dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Motivasi

Memberikan Motivasi

Ada juga tujuan untuk memberikan motivasi kepada audiens, terutama dalam hal bisnis. Misalnya untuk audiens generasi muda, yang ingin jadi pebisnis dimotivasi agar dapat memulai bisnis mereka sejak sekarang.

Bisa juga memberikan motivasi untuk para pebisnis pemula, untuk tidak menyerah dengan persaingan bisnis. Tentunya dengan materi presentasi yang tepat, supaya motivasi bisa sampai dan menyentuh para audiens secara tepat.

Contoh lainnya adalah untuk para karyawan sebuah perusahaan, memberikan motivasi agar mereka bisa bekerja lebih maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan. Dimana, feedback kerja keras itu juga akan mereka rasakan melalui rewards dan promosi ke jenjang lebih tinggi.

3. Mengajak Audiens

Mengajak Audiens

Selanjutnya adalah tujuan mengajak audiens untuk melakukan sesuatu, lewat materi presentasi yang diberikan. Biasanya sangat berhubungan dengan promosi produk bisnis kepada pihak klien, sehingga mereka tertarik membeli atau mendistribusikan produk tersebut.

Sebagai contoh dari realisasi tujuan presentasi bisnis yang satu ini adalah, ketika sebuah perusahaan menyampaikan presentasi kepada calon investor. Dengan materi yang tepat, bisa sekaligus mengajak calon investor untuk menanamkan saham mereka di perusahaan tersebut.

Contoh berikutnya adalah, presentasi produk bisnis perusahaan. Dimana feedback yang diharapkan adalah, audiens mau membeli produk tersebut untuk diri sendiri. Bisa juga menjualnya kembali, dengan cara yang sudah disampaikan kemudian mendapatkan keuntungan dari proses penjualan tersebut.

4. Memberikan Hiburan

Memberikan Hiburan

Kenapa bertujuan hiburan? Biasanya, sebuah presentasi bisnis akan sangat kaku disampaikan oleh pemberi materi. Agar lebih ngena dan mudah diingat, bisa diselingi dengan hiburan yang tepat.

Misalnya dengan menyelipkan cerita lucu, berujung pada sebuah kalimat motivasi atau mengajak audiens untuk melakukan sesuatu terhadap bisnis yang dipresentasikan. 

Bisa juga dengan memberikan sedikit lelucon-lelucon di sela-sela penjabaran materi, namun tetap berhubungan dengan pesan yang ingin disampaikan. 

Bagaimana Cara Terbaik Melakukan Sebuah Presentasi Bisnis ?

Untuk dapat mencapai tujuan presentasi bisnis, butuh cara terbaik. Bukan sekedar membuat materi seadanya saja, namun ada beberapa poin yang harus dilakukan agar presentasi berjalan lancar dan tujuan tercapai.

1. Pahami Materi

Terkadang dalam melakukan presentasi bisnis, yang membuat materi akan berbeda dengan yang menyampaikan. Alhasil, tujuan tidak tercapai karena pemateri tidak menguasai bahan presentasi tersebut.

Oleh karena itu, usahakan Anda sendirilah yang membuat bahan presentasi tersebut. Kalaupun dibantu oleh orang lain, pastikan untuk ikut terlibat dalam pembuatannya. 

Supaya nantinya lebih paham, bagian setiap slide dan bagaimana cara menjelaskan materi tersebut dengan tepat.

2. Persiapan Sebelum Presentasi

Apa yang perlu dipersiapkan? Jangan biarkan audiens yang menunggu Anda, ini akan membuat orang semakin tidak nyaman sehingga pesan dari presentasi tidak bisa diterima dengan baik.

Jadi, usahakan untuk datang lebih dahulu dari audiens. Kemudian lakukan persiapan sebelum presentasi semaksimal mungkin. Mulai dari perangkat yang digunakan, monitor sudah menyala dengan baik, dan semua bahan presentasi tersedia di depan audiens.

Persiapan lainnya adalah, dari internal diri sendiri. Bagaimana cara menyampaikan bahan presentasi, yang akan sangat menentukan tercapai atau tidaknya tujuan dari presentasi tersebut. 

Usahakan santai namun tepat sasaran, jangan sampai gugup. Bila perlu ulangi terlebih dahulu presentasi di ruang kerja Anda, sebelum melakukannya secara langsung di depan audiens.

3. Dimulai Dengan Cara Berkesan dan Berkelas

Berkesan maksudnya, tidak kaku dan tidak berlebihan. Misalnya dengan senyuman khas, diberi sedikit pantun pembuka yang enak didengar. Berkelas, yaitu dengan penampilan yang tepat dan bahasa tubuh yang luwes.

Percaya atau tidak, tampilan seseorang saat memberikan presentasi akan memberikan pengaruh signifikan kepada siapapun yang melihat dan mendengar. Ketika dia bisa memberikan kesan positif, maka tujuan presentasi akan lebih mudah tercapai.

4. Berikan Data Akurat dan Penjelasan Tepat

Dalam bahan presentasi, bisa ditambahkan dengan data penunjang informasi yang akan memberikan pemahaman lebih tepat dari audiens. Penjabarannya juga akan lebih aktual, sehingga audiens bisa lebih paham dan tidak menganggap presentasi sudah kadaluarsa.

5. Selingi Dengan Humor Segar

Untuk membuat suasana presentasi tidak tegang, coba selingi dengan humor yang tidak garing. Sehingga audiens lebih santai dan tujuan dari presentasi lebih mudah diterima.

Humor yang disampaikan, bisa saja berhubungan dengan apapun namun jangan sampai terlalu jauh keluar dari konteks presentasi tersebut.

Misalnya, presentasi untuk investor maka humor yang disampaikan tentu sebaiknya berhubungan dengan investor tersebut dan lainnya.

6. Libatkan Audiens Dalam Presentasi

Biasanya presentasi hanya berjalan satu arah, sehingga terkesan monoton. Jangan biasakan seperti itu, usahakan untuk membuat ruang untuk melibatkan mereka dalam presentasi Anda.

Bukan berarti merecoki materi, namun lebih kepada mengapresiasi keberadaan mereka dan keterlibatan mereka dalam presentasi.

Misalnya, dilibatkan dalam diskusi soal informasi strategi bisnis. Sehingga bisa dapat masukan yang lebih banyak, untuk pengembangan strategi selanjutnya.

7. Pastikan Singkat, Ringkas, Tepat Sasaran

Tidak perlu menyampaikan bahan presentasi yang panjang lebar, cukup dengan singkat dan poin-poin utamanya tersampaikan dengan baik.

Ringkas, supaya menjadi sebuah presentasi yang tidak membosankan. Alhasil, audiens tidak merasa waktunya terbuang percuma untuk mendengarkan presentasi Anda.

8. Lakukan Sesuai Jadwal

Jangan sampai mengundur presentasi bisnis, dampaknya akan besar dari pencapaian tujuan presentasi. Dimana orang yang sudah siap untuk mendengarkan terpaksa mencari jadwal baru, yang tentunya tidak akan senyaman ketika mereka siap menjadi audiens di jadwal sebenarnya.

Tidak sulit untuk merealisasikan tujuan presentasi bisnis, ketika Anda sudah paham bagaimana cara terbaik melakukan sebuah presentasi. Jangan takut salah, persiapkan presentasi sebaik mungkin untuk hasil sesuai yang diharapkan.

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.