7 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan dan Strategi Penerapannya

Bagi Anda yang bergelut di dunia bisnis, membuat pelanggan puas adalah salah satu hal wajib. Berbagai faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan juga penting untuk diketahui, supaya target bisnis bisa tercapai. 

Tidak salah jika pebisnis berlomba-lomba melakukan berbagai aksi, untuk menarik pelanggan dan memuaskan mereka sehingga menjadi konsumen setia. Apa saja faktor penting tersebut? Ini dia penjelasan lengkapnya.

Daftar Isi

7 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Bagi para pebisnis pemula atau yang ingin melakukan pengembangan usaha, pastikan sudah memahami tujuh faktor untuk memastikan sejauh mana pelanggan puas. Sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan utama, untuk membuat strategi usaha yang tepat.

1. Strategi yang Dipakai Saat Memasarkan Sebuah Produk

Strategi yang Dipakai Saat Memasarkan Sebuah Produk

Dalam dunia bisnis, banyak jenis strategi yang dapat diterapkan pengusaha. Salah satu tujuannya untuk membuat pelanggan mereka puas. Misalnya, strategi promosi produk dilakukan dengan melibatkan media sosial dan media massa.

Strategi ini, akan berbeda untuk setiap bisnis. Ada kalanya strategi yang dilakukan oleh perusahaan A dan berhasil, ternyata tidak cocok ketika diterapkan oleh perusahaan B.

Oleh karena itu, dibutuhkan penyusunan strategi berbasis survei dan pemahaman kondisi target pasar.

2. Bagaimana Testimoni Konsumen Lain

Bagaimana Testimoni Konsumen Lain

Berhubung saat ini konsumen bebas bersuara tentang pengalaman mereka membeli sebuah produk, maka testimoni yang mereka berikan akan berdampak pada produk bisnis tersebut.

Semakin banyak testimoni positif, tentu menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan perusahaan melakukan upaya penjualan produk.

Contohnya saja ketika Anda mau membeli sepatu secara online, tentu salah satu yang dilihat sebelum membeli adalah testimoni di kolom komentar toko online tersebut. Apakah banyak yang memberikan komen positif dan puas atau malah kecewa.

Setelah melihat testimoni, Anda akan lebih tertarik membeli di toko online dengan testimoni positif lebih banyak bukan?

3. Shopping Experiences

Shopping Experiences

Pengalaman saat berbelanja sebuah produk, menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan berikutnya. Apakah seorang pelanggan merasakan kenyamanan berbelanja atau malah sebaliknya, dimana hal tersebut akan menentukan apakah mereka akan membeli lagi atau tidak.

Contohnya, ketika seorang konsumen pergi berbelanja ke sebuah minimarket untuk membeli susu formula bayi. Pelayanan di minimarket, mudahnya mencari produk, dan harga yang terjangkau akan membuatnya membeli lagi.

4. Cara Menetapkan Harga Produk

Cara Menetapkan Harga Produk

Untuk menetapkan harga sebuah produk, setiap pebisnis memiliki caranya masing-masing. Ada yang melibatkan “suara” target pasar melalui survei terlebih dahulu, ada pula yang menetapkan berdasarkan persaingan dengan pebisnis lain.

Yang akan lebih disukai adalah, pebisnis yang melakukan survei terlebih dahulu. Alasannya, survei itu menjadi media untuk mengetahui apa keinginan dari target pasar. Bagaimana tingkat kemampuan mereka membeli, sehingga bisa disimpulkan harga yang pantas untuk sebuah produk.

Alhasil, kemungkinan pelanggan puas saat membeli akan lebih besar karena harga produk sesuai dengan budget yang mereka miliki.

Misalnya, pebisnis cilok yang mangkal di sekolah-sekolah. Mereka melakukan survei, berapa jajan rata-rata anak sekolah. Dari survei didapatkan bahwa rata-rata jajan siswa berkisar Rp5.000/hari, sehingga mereka bisa menerapkan harga cilok satu porsi Rp2.000.

5. Bagaimana Kualitas dari Pelayanan Untuk Pelanggan

Pentingnya Kepuasan Pelanggan

Kualitas pelayanan yang diberikan pebisnis kepada pelanggan, adalah faktor penting berikutnya untuk menentukan puas atau tidaknya seorang konsumen. Kalau mereka mendapatkan pelayanan baik, ada kemungkinan mereka membeli kembali. Tapi, kalau tidak maka mereka cenderung mencari produk lain.

Contohnya adalah pelayanan di restoran seafood A, dimana pelayan memasang tampang jutek dan menjawab pertanyaan konsumen seadanya. Otomatis, ada perasaan tidak puas meskipun makanan di restoran tersebut enak.

6. Bagaimana Mutu Produk

Bagaimana Mutu Produk

Mutu produk juga sangat mempengaruhi puas atau tidaknya pelanggan, baik itu produk berupa barang maupun produk berbentuk jasa. Anda bisa melihat sendiri perusahaan yang menjaga mutu dan kualitas produk, akan bertahan lebih lama ketimbang yang mengutamakan keuntungan dan mengabaikan mutu.

Itulah alasannya, mengapa perusahaan besar masih bisa eksis sampai sekarang. Salah satunya karena mereka mampu menjaga mutu produk dengan berbagai cara, disamping berusaha agar tetap mencapai target penjualan agar tetap untung. 

7. Proses Pelanggan Memiliki Produk Bisnis

Proses Pelanggan Memiliki Produk Bisnis

Semakin mudah proses seorang pelanggan mendapatkan produk yang mereka butuhkan, akan semakin besar kemungkinan mereka lebih puas. Misalnya, untuk membeli produk mobil tipe A keluaran merek B dibutuhkan waktu indent yang cukup lama. 

Bisa-bisa konsumen tidak sabar dan akhirnya memutuskan tidak jadi membeli, kemudian beralih ke mobil tipe C dari merek D yang ready to buy.

6 Strategi Terbaik Memaksimalkan Kepuasan Pelanggan Bisnis

Agar pengusaha dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggan mereka, dibutuhkan strategi khusus untuk merealisasikannya. Salah satu tolak ukurnya, yaitu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Beberapa strategi berikut, bisa Anda pilih jika memang berorientasi memuaskan pelanggan terhadap produk yang dipasarkan.

1. Reward Untuk Pelanggan Setia

Memberikan reward atau hadiah kepada pelanggan setia, menjadi strategi penting yang bisa diterapkan. Sehingga, pelanggan memiliki rasa memiliki dan tidak akan berpindah ke produk saingan.

Reward tersebut, bisa berupa diskon harga dan voucher untuk belanja produk-produk bisnis Anda dengan syarat dan ketentuan tertentu. Dapat juga dilakukan dengan sayembara secara berkala, dengan hadiah-hadiah menarik. 

2. Interaksi Positif dengan Pelanggan

Bagaimana interaksi yang positif tersebut? Untuk pebisnis yang melakukan aktivitas transaksi langsung di toko offline, tentu dilakukan dengan komunikasi langsung ketika konsumen datang.

Meminta pendapat mereka tentang produk, mendengarkan keluhannya dan memberikan rekomendasi produk sesuai yang mereka mau.

Sedangkan untuk yang punya bisnis online, memberikan ruang untuk konsumen berinteraksi lewat live streaming promosi. Dapat juga dengan cara berbalas pesan di kolom komentar produk,  sebagai cara berinteraksi positif untuk memberikan dampak signifikan terhadap puas atau tidaknya pelanggan.

3. Memberikan Garansi Produk

Garansi produk perlu diberikan, terutama untuk produk yang memang memiliki kemungkinan rusak atau tidak bisa digunakan maksimal. Dengan begitu, konsumen akan lebih nyaman berbelanja produk tersebut karena ada garansi yang diberikan.

Contoh, untuk produk fisik adalah garansi uang kembali kalau produk alat elektronik rusak. Bisa juga garansi revisi dokumen, untuk produk jasa pembuatan artikel.

4. Menjaga Kualitas Produk

Upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas produk adalah, memastikan proses pembuatan produk tetap dengan cara terbaik. Kalaupun material pembuatan produk mengalami kenaikan harga, bisa diantisipasi dengan cara tepat tanpa mengurangi kualitas.

5. Fast Response

Pastikan untuk selalu cepat tanggap terhadap kebutuhan konsumen, apalagi jika berbelanja online. Mereka akan merasa dihargai dan diprioritaskan, sehingga rasa puas akan muncul kemudian kemungkinan berbelanja kembali juga lebih besar.

6. Pelayanan Tepat Sasaran

Memberikan pelayanan yang tepat, sesuai kondisi konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Jangan disama ratakan, beda konsumen akan beda karakternya, juga berbeda kebutuhannya.

Memahami berbagai faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, memang menjadi salah satu pondasi kesuksesan usaha. Selama Anda paham, lalu menerapkan strategi yang pas maka umur bisnis akan lebih lama.

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.