Memahami Apa Itu Impresi Instagram Dan Cara Memanfaatkanya

Sosial media Instagram nyatanya memiliki kelebihan dibandingkan sosial media yang lain. Di instagram memiliki fitur impresi yang bisa diakses oleh semua pengguna instagram. Pasti banyak yang bertanya tentang apa itu impresi instagram dan bagaimana fungsinya ?

Daftar Isi

Memahami Tentang Apa Itu Impresi Instagram

Impresi sendiri berarti kumpulan data yang bisa memberikan Anda informasi atas sebuah tindakan yang Anda lakukan. Dalam hal ini akan dibahas mengenai data yang telah diberikan oleh sosial media instagram yang berhubungan terhadap aktivitas dari akun instagram yang Anda miliki.

Apa itu Impresi instagram ? Impresi instagram adalah sekumpulan data yang bisa memberikan informasi tentang dampak atau timbal balik konten yang sudah Anda posting. Dengan begitu Anda akan mengerti bagaimana karakteristik dari semua followers, efektivitas konten yang Anda buat dan timbal balik apa yang Anda dapatkan dari konten instagram Anda.

Dengan mengetahui semua informasi tersebut Anda akan dapat mempersiapkan berbagai langkah yang tepat agar bisa meningkatkan kualitas akun Anda. Tetapi saat ini masih banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan fitur yang menguntungkan ini. Padahal bila dilihat dari segi keuntungan para pengguna instagram akan sangat diuntungkan dengan mengetahui informasi tersebut dengan detail.

Cara Supaya Bisa Menggunakan Fitur Insight di Instagram

Anda bisa melihat data impresi instagram dengan menggunakan fitur insight Instagram. Di dalam fitur ini Anda akan bisa melihat data impresi dengan detail serta performa dari akun yang sedang Anda kelola tersebut.

Tidak semua jenis akun dapat memakai fitur satu ini. Anda perlu memenuhi syarat yang sudah diberikan oleh pihak instagram supaya akun Anda dapat memakai fitur menarik ini. Hal yang pertama yang perlu Anda lakukan yaitu merubah akun Anda menjadi business profile atau akun bisnis.

Dengan memakai akun bisnis akan terjadi beberapa perubahan. Mulai dari penampilan hingga platform instagram Anda. Fitur ini sangat tepat digunakan untuk akun yang memang dipakai sebagai kebutuhan berbisnis. Untuk itu sangat disarankan memakai akun bisnis ini supaya bisa mendapatkan manfaatnya.

Tetapi perlu Anda tahu bahwa tidak semua akun bisa dirubah menjadi akun bisnis. Akun tersebut harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Misal jumlah followers dan usia akun tersebut. Sebaiknya untuk segera mengetahui Anda coba masuk ke halaman option dan pilih menu switch to business profile.

Hal yang harus Anda tahu bahwa ada beberapa ketentuan supaya fitur insight di instagram ini bisa muncul. Yaitu masalah tentang jumlah followers, jika jumlah follower Anda sedikit biasanya fitur ini tidak bisa muncul. Paling tidak followers yang bisa memunculkan fitur ini sebanyak 10.000 followers.

Manfaat Memahami Impresi Instagram

Dalam dunia bisnis dengan mengetahui data impresi itu sangat menentukan arah dari bisnis yang Anda jalani. Dengan mengetahui semua informasi tersebut Anda akan dapat melakukan analisa serta evaluasi. Sehingga bisa merencanakan langkah yang tepat untuk diambil agar mendapat prospek terbaik nantinya. Berikut beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengetahui data impresi instagram, sebagai berikut:

1. Mengerti Karakteristik Followers

Buat Set Iklan Yang Berbeda Untuk Audiens Yang Berbeda

Dengan data impresi tersebut Anda akan tahu karakter dari para followers akun Anda. Dengan begitu Anda akan tahu produk apa yang cocok bila dijual dalam akun tersebut, serta konten apa yang banyak disukai follower Anda serta menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Yang perlu Anda tahu bahwa Anda perlu melakukan perlakuan yang berbeda bila ditemukan fakta akun Anda didominasi followers perempuan atau didominasi follower laki-laki.

2. Mengetahui Efek Dari Konten Yang Anda Buat

Mengetahui Efek Dari Konten Yang Anda Buat

Perlu Anda tahu bahwa tidak semua konten yang Anda buat akan disukai seluruh followers Anda. Ini karena terdapat perbedaan karakter antar follower yang membuat semua konten tidak bisa efektif.

Untuk itu sangat penting mengetahui konten jenis apa yang akan disukai para follower Anda. Dengan fitur impresi instagram akan memberikan informasi secara detail, sehingga Anda bisa menarik kesimpulan konten jenis apa yang paling efektif yang perlu Anda buat.

3. Dapat Mengevaluasi Strategi Marketing Yang Anda Jalankan

Evaluasi Strategi Marketing

Manfaat penting dengan memahami apa itu impresi instagram yaitu bisa melakukan evaluasi pada strategi marketing yang sedang Anda jalankan. Anda akan tahu konten yang Anda buat tersebut memang benar atau tidak. Lalu Anda akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengupload konten.

Selain itu Anda juga dapat melakukan pengukuran mingguan bahkan bulanan dan melihat perkembangan dari akun Anda. Apakah pengelolaan akun Anda bisa naik performanya atau tidak. Maka dari itu sangat sayang jika fitur yang sangat bermanfaat ini tidak dipakai dengan optimal.

Cara Melihat Data Impresi di Profile Instagram

1. Buka Halaman Profil Instagram Anda Lalu Klik Insight

Profil Instagram

Supaya Anda dapat melihat data impresi di akun ataupun konten yang telah Anda unggah. Anda bisa mulai dengan membuka akun bisnis instagram. Lalu Anda buka halaman profil akun Anda. Dan pilih menu insights yang ada di profil.

2. Klik Account Reached

Insight Profile Instagram

Setelah berhasil membuka halaman insight akan muncul beberapa  pilihan. Anda harus memilih opsi Accounts Reached. Jika Anda ingin tahu data tentang jumlah impresi pada akun secara keseluruhan Anda bisa melihatnya di Overview.

3. Hasil Impresi

Impresi Instagram

Dari data di atas Anda bisa mengetahui seberapa luas jangkauan akun Instagram yang Anda kelola. Selain itu Anda juga bisa mengatur jangka waktu impresi sampai dengan 30 hari.

Cara Melihat Impresi Di Postingan Instagram

Selain dari Insight profil instagram, Anda juga bisa melihat seberapa banyak impresi dari setiap postingan yang Anda buat di instagram. Berikut ini cara melihat impresi dari postingan Instagram :

1. Cari Konten Yang Ingin Anda Lihat Impresinya Lalu Klik Insight

Postingan Instagram

2. Hasil Impresi Postingan

Insight Post Instagram

Dari data di atas Anda sudah bisa mengetahui berapa banyak jangkauan yang bisa diraih dari setiap postingan Anda di Instagram

Dengan mengetahui cara melihat data impresi tersebut Anda akan tahu data impresi pada konten yang Anda buat tersebut. Ini tentu sangat menguntungkan Anda jika ingin membuat akun tersebut menjadi akun bisnis. Karena data tersebut Anda akan bisa mengetahui berbagai jenis konten yang banyak disukai para followers Anda atau disini sebagai calon pelanggan Anda nantinya.

Selain mengetahui apa itu impresi instagram Anda juga akan bisa memanfaatkan fitur insight instagram dengan maksimal. Ini bermanfaat agar Anda bisa memperoleh berbagai macam data yang lain yang tentunya tidak kalah penting dengan data impresi yang sudah kita pelajari di atas. Anda akan dapat melihat berapa besar jangkauan, pertumbuhan followers hingga interaksi para followers Anda.

Demikian informasi yang berhubungan dengan pengertian apa itu impresi instagram yang perlu Anda tahu. Dengan mengetahui tentang impresi instagram tentu akan membantu Anda memanfaatkan akun instagram Anda dengan mencoba akun bisnis instagram. Dengan begitu Anda akan bisa memanfaatkan fitur insight yang ada di Instagram dengan optimal dan tentu saja akan mendapatkan keuntungan nantinya.

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.