Begini Cara Membuat Iklan Yang Menarik Agar Dilirik Pelanggan

Setiap pelaku bisnis yang ingin memasarkan produknya pasti akan mencari tahu tentang bagaimana cara membuat iklan yang menarik. Demi menghasilkan iklan yang menarik, Anda akan dituntut untuk berpikir lebih kreatif agar bisa menghasilkan ide-ide yang tidak pasaran. Maka, dibutuhkan trik khusus agar iklan terlihat menarik dan mampu menarik perhatian pelanggan dengan lebih mudah.

Demi mendapatkan ide-ide menarik dan berbeda dari yang lain, tentu Anda membutuhkan pengetahuan yang lebih banyak agar membuat iklan tampak menarik. Ide menarik biasanya bisa Anda dapatkan saat Anda mencari inspirasi dari hal-hal yang ada disekitar. Agar iklan yang Anda buat tidak berakhir sia-sia, maka sangat penting untuk mengetahui tentang apa saja yang dibutuhkan untuk membuat iklan yang menarik.

Daftar Isi

Pentingnya Mengetahui Cara Membuat Iklan Yang Menarik? 

Iklan termasuk media yang bisa memberikan dampak besar bagi siapapun yang melihatnya. Selain memiliki fungsi dalam memberikan informasi untuk bisnis atau usaha, menyampaikan pesan atau ide yang bisa membuat masyarakat bisa membaca dan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan juga termasuk dalam fungsi iklan. Sebagai informasi, jenis-jenis iklan terdiri dari iklan konsumen, perdagangan, eceran, keuangan, langsung, lowongan kerja, dan iklan antar bisnis.

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat iklan yang menarik, berikut ini ciri-ciri dari iklan yang baik dan layak, yaitu menggunakan kata-kata yang digunakan sopan, tepat, logis, dan mudah dipahami, menggunakan kata yang persuasif, berisi tentang penjelasan atas produk atau jasa, serta pesan atau informasi yang disampaikan secara komunikatif dan informatif. Oleh sebab itu, agar iklan yang Anda buat menjadi lebih menarik dan berkualitas, ada beberapa syarat yang dibutuhkan sebagai berikut :

  • Berisi informasi yang mudah dipahami dengan pemilihan kata yang padat dan jelas.
  • Tidak boleh menyinggung, merendahkan, atau menyakiti pihak manapun.
  • Memiliki konsep yang menarik.
  • Objektif, jujur, dan proporsional.

Setelah mengetahui ciri-ciri dan syarat iklan yang bisa dikatakan layak dan baik, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah pentingnya iklan atau manfaat iklan baik untuk masyarakat maupun pihak yang mengeluarkan iklan.

  • Sebagai sarana untuk memberikan informasi terkait manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan di dalam iklan.
  • Mendapatkan konsumen baru agar produk yang diiklankan laris.
  • Media untuk meningkatkan hasil penjualan.
  • Mempromosikan dan memperkenalkan suatu produk, jasa, atau bisnis ke masyarakat luas.
  • Mempertahankan dan membangun identitas perusahaan.
  • Meningkatkan dan mengembangkan nama baik atau reputasi perusahaan.
  • Media untuk mendapat keuntungan finansial yang lebih besar untuk perusahaan.

Jika diperhatikan, beberapa manfaat di atas selalu berhubungan dengan kepentingan ekonomi bukan? Namun, beberapa iklan juga memiliki fungsi sosial. Beberapa iklan yang berisi ajakan untuk melakukan sebuah kegiatan sosial untuk membantu sesama. Kesimpulannya adalah, iklan tidak hanya bertujuan untuk hal-hal yang komersil.

Beberapa contoh dari iklan yang tidak bertujuan untuk hal yang komersial adalah iklan dengan himbauan untuk membantu korban bencana alam. Ada juga iklan tentang kesehatan yang memiliki pesan untuk selalu menjaga kesehatan dan pola hidup yang sehat. Anda tentu sudah pernah melihat iklan semacam ini bukan ?

Ikuti Cara Membuat Iklan Yang Menarik Berikut!

Saat ini Anda bisa menggunakan beragam media iklan untuk mempromosikan bisnis atau usaha yang sedang Anda jalankan. Dulu iklan hanya ada di televisi ataupun majalah dan koran, kini media yang bisa Anda gunakan menjadi lebih banyak. Contoh media periklanan yang kini sedang populer adalah media online seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google, YouTube, dan lain-lain.

Banyaknya media periklanan yang bisa tersebut, membuat Anda semakin dituntut untuk berpikir lebih kreatif dalam menciptakan suatu iklan. Ikuti langkah untuk membuat iklan yang menarik dibawah ini.

1. Jangan Lupa Berikan Penawaran Yang Menguntungkan

Beli Satu Gratis Satu

Setelah memilih penggunaan judul dan slogan menggunakan pemilihan kata yang unik, hal selanjutnya untuk membuat masyarakat tertarik dengan iklan Anda adalah penawaran. Setiap orang tentu akan tertarik dengan penawaran maupun promosi yang diberikan oleh sebuah brand. Pastikan penawaran yang Anda berikan akan menguntungkan bagi masyarakat sebagai konsumen, misalnya saja buy one get one, free ongkir, cashback, dan lain-lain.

2. Pemilihan Kata Yang Unik

Pemilihan Kata Yang Unik

Tujuan iklan dibuat adalah untuk menarik perhatian masyarakat agar mau melihat atau membaca. Oleh karena itu, gunakan pemilihan kata yang tepat. Pastikan untuk membuat judul dan slogan yang unik sehingga membuat masyarakat penasaran untuk memperhatikan iklan lebih lanjut. Hindari menggunakan kata yang monoton dan pasaran.

3. Menggunakan Jasa Artis atau Influencer Yang Terkenal

Jasa Promosi Influencer Terkenal

Iklan masa kini cenderung menggunakan jasa artis atau influencer yang sedang naik daun atau memiliki jumlah penggemar yang banyak. Dengan cara ini, produk yang diiklankan dipercaya bisa diterima oleh masyarakat dengan lebih mudah. Biasanya penggemar dari seorang artis atau influencer juga akan menggunakan produk yang digunakan oleh idolanya bukan?

4. Perhatikan Konsep Iklan Secara Detail

Perhatikan Konsep Iklan

Meskipun ketiga hal yang sudah disebutkan sebelumnya sudah dipersiapkan dengan matang dan sempurna, namun ketiga hal tersebut akan menjadi sia-sia jika konsep iklan masih terkesan ecek-ecek. Penting sekali untuk memperhatikan konsep iklan secara detail mulai dari penggunaan font, kombinasi warna, backsound, dan lain sebagainya secara detail.

5. Berikan Informasi Lengkap

Berikan Informasi Yang Detail

Maksudnya adalah jangan sampai lupa untuk mencantumkan informasi kepada masyarakat agar masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih detail terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Selain bermanfaat untuk masyarakat, iklan yang memuat informasi yang detail akan membuat iklan menjadi lebih efektif. Jadi, jangan lupa untuk mencantumkan informasi dimana masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih lengkap ya!

6. Berikan Testimonial Dalam Iklan

Testimonial
Testimonial Konsumen @darikulit

Agar bisa membangun kepercayaan masyarakat, menampilkan testimoni dari penggunaan produk atau jasa yang Anda iklankan sangat penting. Dengan begitu masyarakat bisa lebih yakin dengan kualitas dan penawaran yang Anda berikan. Misalnya saja dengan menjelaskan bahwa berdasarkan hasil uji, menggunakan produk yang Anda iklankan bisa memberikan hasil yang baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. 

7. Pilih Media Untuk Mengiklankan Produk 

Pilih Media Iklan

Langkah terakhir untuk bisa membuat iklan yang menarik adalah dengan memilih media beriklan yang tepat. Jika Anda ingin menampilkan iklan secara offline, maka pilihlah tempat dimana orang akan melihatnya seperti di tempat yang dilalui oleh banyak orang. Namun, jika Anda memilih media online untuk mengiklankan produk, maka pastikan media online yang Anda gunakan sesuai dengan target pasar yang Anda tuju.

Setelah mengetahui cara membuat iklan yang menarik diatas, pasti Anda sudah bisa mengembangkan konsep yang Anda miliki sebelumnya bukan? Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tujuan dari iklan yang ingin Anda tunjukkan kepada masyarakat. Asalkan tujuannya sudah pas, langkah lainnya pasti bisa Anda lewati dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments