Pengertian, Manfaat, Variabel dan Alat-Alat Promosi Direct Marketing

Dalam kehidupan ini tidak akan lepas dari kegiatan ekonomi, khususnya adalah transaksi jual beli. Oleh karena itu dalam kegiatan ini memerlukan adanya alat promosi. Alat promosi ini sangatlah beragam, salah satunya adalah alat-alat promosi direct marketing.

Perlu diketahui sejak awal, direct marketing atau pemasaran langsung merupakan kontak langsung dengan pelanggan Anda. Pelanggan Anda memiliki potensi yang dapat melakukan kampanye mengenai iklan layanan dan produk. Mari simak pengertian, manfaat, variabel dan alat promosi direct marketing dibawah ini.

Daftar Isi

Pengertian Direct Marketing Menurut Ahli

Alat-alat promosi direct marketing ini erat kaitannya dengan pengertian direct marketing itu sendiri. Terdapat beberapa ahli bisnis dan marketing yang memberikan penjelasan singkat mengenai direct marketing. Berikut ini penjelasan direct marketing dari beberapa ahli yang dapat Anda ketahui:

1. Kotler – Gary Armstrong

Menurut Kotler dan Gary Armstrong (1996), direct marketing merupakan suatu sistem pemasaran dengan memanfaatkan beragam media periklanan yang bertujuan untuk berinteraksi dengan target konsumen. Interaksi ini dapat terjalin berupa telepon, email, dan sebagainya.

2. Duncan

Duncan (2002) berpendapat bahwa direct marketing  merupakan suatu teknik marketing yang digunakan oleh perusahaan dengan tujuan untuk menjalin komunikasi antara pedagang dan pelanggannya. Direct marketing dinilai efektif karena dapat menciptakan interaksi dengan suatu database.

Database inilah yang dapat digunakan untuk menjalin komunikasi dalam pemasaran dan mendorong respon dari banyak pelanggan.

3. Suyanto

Suatu sistem dalam marketing yang memanfaatkan suara langsung yang dapat menjangkau konsumen serta menyediakan barang dan jasa kepada konsumen tanpa melalui perantara itulah pengertian direct marketing menurut Suyanto (2007).

Manfaat Direct Marketing

Tentunya alat-alat promosi direct marketing ini memberikan manfaat bagi beberapa pihak penjual dan konsumen. Mengapa demikian? Karena direct marketing ini bertujuan untuk memasarkan suatu produk atau layanan yang akan dijual. Berikut ini merupakan manfaat dari adanya direct marketing :

1. Bagi Penjual

Dengan adanya direct marketing penjual mampu untuk memilih langkah langkah, waktu, dan sarana manakah yang paling banyak untuk menjangkau target pelanggannya. Bagi penjual direct marketing ini memiliki tingkat fleksibilitas yang paling tinggi diantara pemasaran lainnya.

Selain itu dengan direct marketing ini juga memberikan setiap penjual untuk memberikan pilihan yang berbeda dan mendapatkan cara efektif untuk melakukan uji tes pasar. Tiap ahli marketing akan membuat suatu teknik marketing yang sangat sulit ditiru oleh marketing lainnya.

Dengan begitu, pelanggan akan merasakan pengalaman yang berbeda pada saat membeli di tempat yang berbeda pula.

2. Bagi Konsumen (Pembeli)

Direct marketing tak hanya dirasakan oleh penjual saja, akan tetapi juga dirasakan oleh pembeli. Hal ini disebabkan pembeli dapat mengenali serta menemukan keunggulan dan kekurangan yang berada pada produk tersebut.

Tidak hanya itu, pelanggan juga akan merasakan kenyamanan dalam membeli produk yang diinginkan tanpa keluar dari rumah serta mendapatkan kebebasan dalam memilih varian yang terdapat katalog penjual. Dengan katalog, pembeli dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang ditawarkan.

Variabel Direct Marketing

Adapun dalam direct marketing ini terdapat beberapa variabel keputusan sebagai kerangka dasar dari teknik direct marketing. Variabel tersebut diantaranya:

1. Offering

Penawaran atau offering merupakan sebuah proposal lengkap yang didalamnya terdapat produk, harga, layanan, dan lainnya dimana produk tersebut akan ditawarkan ke pelanggan.

2. Creative

Dalam variabel ini meliputi poin seperti platform penyalinan, elemen desain grafis, teknik, dan seluruh aspek manufaktur yaitu seperti kustomisasi.

3. Media

Direct marketing ini juga dapat dilakukan di berbagai macam media seperti sms, telepon, website, email, social media, dan lainnya.

4. Timing dan Sequencing

Direct marketing juga memiliki pilihan waktu serta disposisi komunikasi seperti halnya dengan iklan umum. Kontrol direct marketing lebih tinggi dibandingkan dengan teknik marketing lainnya. Seperti contoh pemilihan media yang digunakan, segmen direct marketing, dan mengirim email.  

5. Customer Service

Suatu perusahaan ataupun penjual lebih baiknya untuk menyediakan suatu saluran gratis yang dapat diakses oleh pelanggan secara mudah dan cepat.

Oleh karena itu diperlukan customer service yang dapat membantu pelanggan dalam memberikan suatu tanggapan, saran, maupun keluhan kepada pihak perusahaan atau penjual itu sendiri.

Jenis Alat Direct Marketing

Untuk melakukan direct marketing, terdapat beberapa alat-alat promosi direct marketing yang mempermudah pekerjaan mempromosikan produk Anda ke pelanggan. Berikut ini merupakan jenis alat direct marketing yang dapat Anda gunakan :

1. SMS Blasting

Pihak perusahaan maupun penjual dapat menjangkau seluruh pelanggan baik individu bahkan berkelompok dengan menggunakan SMS. Biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau. Anda dapat mengirim pemberitahuan kepada pelanggan, memberikan tautan website, dan lainnya.

2. TV Home Shopping

Adapun teknik pemasaran ini merupakan teknik dengan menggunakan media televisi. Saat  ini belanja di rumah adalah suatu hal yang wajar. Banyak televisi yang gencar melakukan penyiaran pada suatu program komersial.

Dengan cara ini dinilai lebih efektif dan memperluas jangkauannya kepada calon pelanggan. Transaksi pada media TV ini sering dilakukan dengan menggunakan panggilan telepon.

 

3. Direct Mail

Surat iklan produk ataupun bisnis yang dikirimkan secara langsung kepada target pelanggan di suatu daerah dapat disebut dengan direct mail. Isi dari surat tersebut diantaranya berupa kartu produk, katalog produk, mailers, dan sebagainya.

 

4. Direct Selling

Anda dapat menggunakan direct selling sebagai cara yang sangat efektif dalam mendirikan bisnis dengan dana yang terjangkau dan fleksibel.

Dengan direct selling ini bisnis Anda akan lebih mudah untuk dipahami calon pelanggan. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengunjungi rumah ataupun tempat kerja pelanggan Anda.

 

5. Telemarketing

Jika calon pelanggan Anda sedang tempat yang jauh dan tidak memungkinkan untuk bertemu dalam menjual suatu produk. Telemarketing merupakan salah satu dari alat-alat promosi  direct marketing. Dalam alat ini Anda dapat menarik pelanggan baru ke tingkatan yang lebih besar.

Adapun dengan metode ini pula, dapat melacak kampanye iklan marketing secara langsung. Menarik bukan?

 

6. Email Marketing

Cara sederhana, ekonomis, praktis, dan juga dapat diatur skalanya untuk menjangkau calon pelanggan Anda yaitu dengan menggunakan email marketing. Email marketing ini dapat berupa email promosi, bulletin elektronik, iklan, maupun penawaran terbaru produk.

 

7. Social Media Marketing

Dewasa ini penggunaan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, tiktok dll sangatlah banyak. Anda dapat memanfaatkannya secara efektif sebagai alat promosi untuk perusahaan Anda. Dengan media sosial Anda dapat berinteraksi dengan calon pelanggan Anda.

Selain itu, media sosial juga dapat Anda gunakan untuk membagikan konten yang berkaitan dengan perusahaan Anda ke seluruh jaringan yang dapat meningkatkan jangkauan produk Anda.

Pemaparan diatas merupakan pemaparan mengenai pengertian direct marketing menurut ahli, manfaat dari direct marketing, variable direct marketing dan jenis alat-alat promosi direct marketing. Dari pemaparan tersebut dapat Anda praktekkan agar pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda. 

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock