Perhatikan 7 Strategi Ampuh Agar Dagangan Laris

Berdagang merupakan suatu aktivitas dalam bidang ekonomi yang sudah ada dari zaman dahulu dan masih akan dilakukan di masa yang akan mendatang. Tentunya setiap pedagang ingin dagangannya laris dan meraup untung. Maka dari itu lah, terdapat strategi ampuh agar dagangan laris.

Tak sedikit orang datang untuk meminta mantra agar dagangannya laris, akan tetapi hal tersebut tidak dinilai efektif. Beberapa trik ini harus Anda lakukan agar pelanggan datang terus menerus. Hal tersebut dikarenakan, salah satu indikator dalam keberhasilan dagang.

Daftar Isi

1. Perhatikan Selalu Kualitas Barang Dagangan Anda

Perhatikan Selalu Kualitas Barang Dagangan Anda

Strategi ampuh agar dagangan laris pertama yang dapat dilakukan adalah memperhatikan selalu kualitas barang yang Anda jual. Itulah yang dapat menarik pelanggan agar selalu datang membeli barang dagangan Anda.

Jika barang yang Anda jual merupakan peralatan, maka dari itu perhatikan betul kualitas dari peralatan yang akan digunakan oleh konsumen. Apakah peralatan tersebut dapat digunakan atau tidak? Ana apat melakukan teknik First In First Out (FIFO) dalam menyusun barang dagangan Anda.

Ataupun, jika Anda menjual makanan, pastikan makanan tersebut baik dari segi kualitas, cita rasa, dan kesegarannya. Itulah yang harus Anda perhatikan, pasalnya jika terdapat sedikit kelalaian dalam menjaga kualitasnya, maka Anda akan kehilangan banyak pelanggan. Penting juga bagi Anda untuk melakukan pengecekan stok dan tanggal kadaluarsa secara berkala dari barang dagangan Anda.

2. Berilah Pelayanan Yang Baik, Karena Pembeli Adalah Raja

Berilah Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik merupakan strategi ampuh agar dagangan laris dan menarik pelanggan yang lebih banyak. Ingatlah bahwa ada slogan yang berbunyi “Pembeli adalah Raja”. Maksudnya adalah sebagai pedagang memperlakukan pembeli secara baik, ramah, dan menyampaikan segala informasi yang diperlukan (Selama permintaannya masih masuk akal).

Akan tetapi dalam transaksi jual beli, seorang penjual tidak dapat memilih siapa pelanggannya dan pelanggan yang hanya dapat memilih penjual. Terkadang kita sering menjumpai pembeli yang tidak kooperatif, bahkan hingga berbuat kasar dan arogan.

Oleh karena itu, inilah yang menjadi tantangan bagi para pedagang untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi siapapun pelanggan terlepas dari karakter si calon pembeli tersebut. Tujuan dari poin ini adalah agar pembeli merasakan kepuasan pelayanan dan menciptakan teknik marketing yang baik.

3. Harga Dagangan Perlu Diperhatikan

Harga Dagangan Perlu Diperhatikan

Harga merupakan salah satu penentu agar dagangan laris terus menerus. Saran yang dapat Anda lakukan yaitu, jangan pernah menjual barang dagangan Anda lebih mahal dari harga yang Dipatok oleh kompetitor. Apalagi jaraknya berada kurang Dari 1 km dari tempat dagang Anda.

Selain itu jangan remehkan selisih harga, meskipun Rp. 1000 hingga Rp. 5000. Karena, dengan harga yang selisihnya sedikit itulah yang dapat membuat pelanggan Anda beralih ke kompetitor. Strategi ini banyak digunakan oleh pedagang yang hendak memulai usahanya,

Namun, perhatikan lagi bahwasanya jika harga dagangan yang Anda jual terlalu murah, maka akan merusak harga pasar dan menimbulkan banyak pertanyaan dari pembeli. Para pembeli akan mengira barang yang Anda jual adalah barang yang ilegal dan tidak memiliki izin. Itulah yang membuat dagangan hancur.

4. Selalu Berikan Diskon Untuk Pelanggan Setia

Diskon harga

Strategi ampuh agar dagangan laris yang ketiga adalah memberikan potongan harga/diskon kepada pelanggan setia. Hal ini bertujuan agar pelanggan setia merasa senang ketika berbelanja di tempat dagang Anda. Bisa dikatakan pelanggan setia merupakan suatu aset yang harus dipelihara sebaik-baiknya. 

Pelanggan setia inilah yang biasanya akan melakukan rekomendasi ke kerabat terdekat. Tentunya rekomendasi dari para pelanggan inilah yang menjadikan laris dan barang dagangan Anda cepat laku. Sebaiknya, Anda juga menjaga hubungan dengan pembeli dengan baik.

Dapat Anda lihat biasanya pedagang yang sudah besar dan memiliki nama baik memiliki cara yang menyenangkan kepada para pelanggannya. Tujuannya adalah pelanggan itulah yang menyebabkan dagangan bertumbuh pesat.

5. Memiliki Sikap Jujur

Pentingnya Sikap Kejujuran dalam Berwirausaha

Jujur merupakan strategi ampuh agar dagangan laris yang kelima. Penting sekali kejujuran untuk Anda terapkan agar dagangan Anda terus berkembang dan laris. Jika Anda mengabaikan kejujuran, maka sangat merugikan diri sendiri sebagai pedagang dan pembeli akan beralih ke kompetitor lain.

Ada beberapa contoh perilaku tidak jujur dalam berdagang. Lebih baik Anda hindari karena membawa keburukan bagi usaha dagang Anda. Berikut ini contoh dari perilaku yang tidak seharusnya dilakukan oleh pedagang diantaranya:

  1. Mempermainkan harga barang dagangan atau “getok harga”. Tak sedikit pedagang yang mempermainkan harga, dimana menerapkan harga diluar batas wajar kepada pembeli. Sehingga, kesan yang dirasakan pembeli yaitu kapok dan tidak akan membeli lagi.
  2. Membohongi konsumen dengan menjual barang yang sudah tidak layak/rusak/kadaluarsa/cacat serta mengandung bahan yang berbahaya bagi konsumen. Inilah yang dapat menjadikan pembeli tidak akan membeli di usaha dagang tersebut dengan kesan yang sama seperti poin sebelumnya.
  3. Cenderung pelit dengan tidak memberikan promo/diskon/cashback/bonus ataupun sejenisnya yang merupakan program untuk para konsumen. Tak jarang, pembeli enggan mendatangi usaha dagang yang pelit dan tidak pernah memberikan harga diskon.

Beberapa contoh diatas merupakan tindakan yang culas atau nakal dalam berdagang. Hal ini akan memberikan pengaruh cepat ataupun lambat dalam usaha dagang Anda. Resikonya Anda akan kehilangan konsumen maupun bisa saja berurusan dengan hukum. Sebaiknya jujur dalam berdagang.

6. Bersedekah Secara Rutin

Bersedekah Secara Rutin

Jangan lupa untuk bersedekah, karena hal ini merupakan suatu ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Sang Pemberi Rezeki untuk Anda. Menurut sebagian besar hal ini sepele dan tidak ada hubungannya dengan usaha dagang Anda. Akan tetapi, hal ini merupakan cara agar dagangan Anda laris.

Tidak dipungkiri bahwa inilah yang menjadi rahasia kesuksesan para pebisnis sukses dan banyak orang kaya. Mereka berpendapat bahwa semakin kita banyak beramal, maka rezeki juga akan semakin mengalir kembali kepada kita sendiri.

Tidak ada orang yang jatuh miskin dengan beramal, justru sebaliknya. Dengan membagikan sebagian rezeki kita, maka Tuhan akan mendatangkan rezeki yang terus melimpah dan tidak disangka-sangka kedatangannya hingga masa mendatang.

7. Selalu Berdoa dan Bersyukur

Selalu Berdoa dan Bersyukur

Strategi ampuh agar dagangan laris yang terakhir adalah selalu berdoa dan mensyukuri rezeki yang diberikan oleh Tuhan Sang Maha Pemberi Rezeki untuk Anda. Selalu berdoa dan bersyukur maka Anda akan menyambut hari berikutnya dengan perasaan positif dan lebih percaya diri.

Pedagang besar biasanya memiliki sikap yang positif dan percaya diri sehingga dagangan mereka laris terus menerus. Jika Anda tidak percaya, dapat Anda buktikan sendiri manakah dagangan yang lebih maju antara berdoa dan bersyukur dengan tanpa melakukan doa dan bersyukur.

Dengan hal tersebut, Anda tidak perlu repot-repot dalam mencari suatu mantra agar dagangan yang Anda jual laris. Cukup dengan berdoa dan bersyukur saja yang dapat menjadikan usaha dagang Anda semakin berkembang dan banyak pelanggan yang datang.

Ketujuh poin tersebut merupakan strategi ampuh agar dagangan laris. Semuanya dapat Anda praktekkan dari awal Anda memulai membuka usaha dagang. Semoga setelah membaca ini, usaha dagang Anda semakin berkembang, laris dan banyak pembeli. 

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Terdeteksi!!!

Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Harap dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.

Terima Kasih :)